• Subscribe via RSS

Mengenal Apa Itu Sel

Mengenal Apa Itu Sel – Mahluk hidup tersusun atas berbagai jenis sel yang berbeda, tetapi semuanya memiliki karakter dasar yang sama. Ada beberapa organisme yang tubuhnya hanya terdiri atas satu sel. Okk berikut ini Kata Ilmu akan membahas mengenai mengenal apa itu sel.
Pada tahun 1665, seorang ilmuwan Inggris, Robert Hooke mengamati sayatan gabus bawah mikroskop sederhana. Beliau menemukan ruang-ruang kecil yang dipisahkan oleh suatu dinding. Selanjutnya beliau menamakan ruang-ruang tersebut sebagai sel.
200 tahun kemudian, yakni sekitar tahun 1835, seorang ilmuwan Prancis yang bernama Felix Dujurdin meneliti sel-sel tersebut tersusun atas substansi berupa cairan. Cairan tersebut dikenal dengan istilah protoplasma. Istilah protoplasma pertama kali dikemukakan oleh Johannes purkinje.
3 tahun kemudian, Matthias Schleiden, seorang ahli Botani dari Germany melakukan pengamatan secara microkopis terhadap tumbuhan dan ditemukanlah sel. Pada waktu yang bersamaan, Theodor Schwann, seorang ahli zoologi Germany menemukan bahwa hewan pun tersusun atas sel. Kesimpulan dari hasil penemuan Schleiden dan Schwann (1810-1882) adalah sel merupakan komponen dasar semua mahluk hidup.
Rudolf Virchow berpendapat bahwa setiap sel berasal dari sel sebelumnya. berdsarkan tinjauan tentang sel, dapat diketahui 2 batasan sebagai berikut:
A.G Hoewy dan Siekevitz (1963) menyatakan bahwa sel adalah unit aktifitas biologis yang dibatasi oleh membran semipermeabel ddan mampu memproduksi sendiri pada suatu media yang bebas dari sistem kehidupan lain.
Menurut efinisi umum, sel adalah unit terkecil penyusun mahluk hidup, baik struktural maupun fungsional.
Berdasarkan kedua definisi tersebut, virus tidak tercakup didalamnya karena virus merupakan mahluk hidup yang tidak berupa sel.
Berdasrkan jumlah sel, mahluk hidup dapat digolongkan menjadi mahluk hidup uniselular (bersel tunggal) dan mahluk hidup multiselular (bersel banyak). Berdasarkan keadaan inti sel, sel dibedakan menjadi sel prokariotik (inti sel tidak mempunyai membran) dan sel eukariotik (inti sel dibatasi oleh membran).
Okkk demikianlah sedikit artikel mengenal apa itu Sel, semoga artikel sederhana ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.[ki]
Description: Mengenal Apa Itu Sel Rating: 5.0 Reviewer: Amir Al-Maruzy ItemReviewed: Mengenal Apa Itu Sel
Komentar Anda Adalah Sumbangsih Yang Tak Ternilai Untuk Kata Ilmu
previous previous