MAKNA PASANG RI KAJANG

Makna Pasang Ri Kajang – Pada kesempatan ini, Amir Al-Maruzy akan membahas sedikit tentang makna Pasang Ri Kajang. Pasang ri kajang adalah ungkapan bahasa Konjo semacam bahasa daerah yang cenderung diidentifikasikan sebagai bahasa Proto-Makassar dan bahasa ini dipakai sebagai alat komunikasi oleh penduduk kecamatan Kajang dan sekitarnya. Ungkapan itu sendiri terdiri dari 3 kata, masing-masing “pasang”, “ ri” dan “Kajang”. Tiga kata ini mempunyai arti tersendiri.
Pasang secara harfiah berarti pesan, wasiat atau amanat. Dengan demikian ungkapan tersebut dapat pula berarti message seperti dikenal dalam ungkapan bahasa Inggris, dan se arti pula dengan risalah dalam bahasa Arab. Sebab ungkapan tersebut (message  atau risalah) masing-masing berarti, pesan, warta, amanat atau wasiat.

Kata Ri itu sendiri merupakan kata perangkai yang menunjukkan tempat, artinya “di”. Sedangkan kata Kajang adalah nama sebuah kecamatan atau tempat yang ada di Kabupaten Bulukumba propinsi Sulawesi Selatan. Jadi secara harfiah ungkapan pasang ri Kajang berarti pesan dari Kajang.
Kemudian pasang ri kajang dilihat dari segi isi atau makna yang terkandung ada beberapa pemahaman.
Pasang dapat berarti nasehat atau wasiat. Dapat pula berarti tuntunan atau amanah dan juga dapat dimaknai sebagai renungan, ramalan, atau peringatan.
Selanjutnya, isi dan doktrin yang terkandung dalam pasang, baik berupa wasiat, peringatan maupun merupakan amanah dan tuntunan, semuanya itu merupakan nilai budaya dan nilai sosial oleh masyarakat pemiliknya yaitu masyarakat Ammatoa.
Doktrin atau materi-materi pasang yang menghendaki adanya suatu kegiatan sebagai follow up dari doktrin tersebut pelaknsaannya langsung diawasi oleh Ammatoa, sebagai pemimpin adat dan spritual.
Dan pelaksanaannya itu sendiri menjadi suatu tradisi yang melembaga dalam berbagai institusi-intitusi dan lembaga-lembaga sosial. Kemudian dari seluruh gerak kelembagaan tersebut, baik yang dilaksanakan secara  pribadi maupun berkelompok akhirnya disampaikan pula kepada generasi berikutnya.
dan penyampaian itu sebenarnya merupakan himpunan dari seluruh pengetahuan dan pengalaman masa lampau yang mencakup semua aspek kehidupan nenek moyang dan leluhur masyarakat Ammatoa. Dengan demikian materi-materi Pasang itu bukan hanya yang verbal tetapi juga yang aktual. Artinya meliputi perbuatan dan tingkah laku.
Demikianlah artikel Makna Pasang Ri Kajang, semoga artikel sederhana ini dapat menambah wawasan kesejarahan bagi kita semua. [ ]