GOOGLE PANDA MENYAPA DI PAGI HARI

Google Panda Menyapa di Pagi Hari - Asem, blog saya deindeks,…. Pagi-pagi setelah terbangun  dari mimpiku yang indah, tanpa gosok gigi apalagi mandi (bau dong), saya langsung sambar Laptop saya, tuk nyalain, trus saya langsung masuk di blog saya, …. Kenapa saya bersemangat sekali tuk buka blog saya????, soalnya sudah 2 hari blog saya kebanjiran visitor disebabkan oleh cara nembak keyword saya yang agak mengena, yakni tentang video lucu polisi gorontalo goyang India. Pas liat blog saya, eh… koq visitor saya cuman 3 yang online, padahal sebelum-sebelumnya paling sedikit visitor saya yang online 20-an, saya langsung cek ke google, asem, postingan saya hilang dari peredaran alias deindeks.

Saya langsung chat Via Facebook ke Mastah Bowo Ekowidodo pemilik blog: http://www.bloggersragen.com/, dan dari analisa Bro Bowo, kemungkinan blog saya masuk kedalam google panda. Saya yang masih newbie ini, belom terlalu paham tentang google Panda, saya kemudian mencari dan mencari definisi dari google panda, dan dari yang saya dapatkan ternyata google panda itu adalah algoritma baru google dalam memperbaiki kwalitasnya sebagai mesin pencari raksasa, google panda akan mencoba menendang blog-blog yang di indikasi sebagai peternakan kontent (content farm), blog AGC dan blog-blog spam lainnya. Lah koq blog saya diindekasi make AGC atau conten farm?????, ada-ada saja robotnya nih google (dasar robot ndak berperasaan), saya selama ini merasa ndak pernah make AGC, kalo copas manual dikit-dikit sich Ia, tapi itu dulu.. sekarang sudah berusaha membuat postingan yang unik. Trus content farm???? Ndak mungkin juga, karena menurut wikipedia, Content farma atau petrnakan kontent adalah sebuah website besar sekelas yang mempekerjakan beberapa orang penulis untuk membut konten yang mencoba menguasai kata kunci pencari. He he he mana mungkin blog saya yang sekecil kutu ini diindeks oleh google sebagai peternakan konten. Tapi namanya juga robot, robot itu itu tidak pandang bulu, mau besar mau kecil, yang penting terindikasi sedikit langsung dihajar.
Cek per cek ternyata hari in, bukan hanya blog saya yang ketiban Google panda, tapi juga blognya Mastah Kita dari Mataram, Sanjaya Yasin pemilik blog: http://aadesanjaya.blogspot.com/ternyata kena juga google panda. Dari wall facebook tadi, sempat ada diskusi seru mengenai hal ini, dan alhamdulillah mastah-mastah blogger se-Indonesia ada yang turun tangan memberikan pencerahan-pencerahan yang sangat berharga, sperti mastah kita Bro Arief Eko Wahyudi pemilik blog: http://ariefew.com/, Bro Dudijaya pemilik blog: http://www.dudioke.co.cc/  dan mastah-mastah kita yang lain. Pada intinya mastah-mastah kita ini menyarankan agar blog kita selalu memposting kontent orisinal, update blog yang kontinyu dan pembahasan blog harus lebih terspesifikasi.
Jadi mestinya mulai dari sekarang saya mesti meningkatkan konten-konten di blog saya. Special Thanks buat para mastah blogger yang bersedia memberikan nasehat dan pencerahannya. Semoga blog saya ini cepat keluar dari google Panda. [ ].