• Subscribe via RSS

GERAKAN TIGA A : ORGANISASI BENTUKAN JEPANG

Gerakan Tiga A : Organisasi Bentukan Jepang – Untuk menjaga keeksisan blog ini dalam menonjolkan tema utama, yakni sejarah, maka pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai gerakan Tiga A : organisasi bentukan Jepang. Gerakan tiga A sendiri memiliki 3 arti, yakni Jepang pelindung Asia, jepang Pemimpin Asia dan Jepang cahaya Asia. berdiri pada tanggal 1 Juli 1942, diketuai oleh Mr. Syamsuddin. Pada awal gerakan tiga A dikenalkan kepada masyarakat Indonesia, terlihat bahwa pemerintah Jepang berjanji bahwa saudara tuanya ini dapat mencium aroma kemerdekaan.

pada awal-awal gerakannya, pemerintah militer jepang bersikap baik terhadap bangsa Indonesia, tetapi akhirnya sikap baik itu berubah. Apa yang ditetapkan pemerintah Jepang sebenarnya bukan untuk mencapai kemakmuran dan kemerdekaan Indonesia, melainkan demi kepentingan pemerintahan jepang yang pada saat itu sedang menghadapi perang. Tetapi setelah pemerintahan jepang mengetahui betapa besar pengharapan akan sebuah kemerdekaan, maka mulai dibuat propaganda – propaganda yang terlihat seolah-olah Jepang memihak pada kepentingan bangsa Indonesia.
Dalam menjalankam aksinya, Jepang berusaha untuk bekerja sama dengan paea pemimpin bangsa Indonesia ( bersikap Kooperatif ). Cara ini digunakan agar para pemimpin nasional dapat merekrut massa dengan mudah dan pemerintahan jepang dapat mengawasi kinerja para pemimpin bangsa.
Tetapi gerakan Tiga A tidak bertahan lama, hal ini dikarenakan kurang mendapat simpati dikalangan masyarakat Indonesia. sebagai penggantinya, pemerintah Jepang menawarkan kerjasama kepada tokoh – tokoh nasional bangsa Indonesia. Dengan kerjasama ini pemimpin – pemimpin Indonesia yang ditahan dapat dibebaskan, diantaranya Ir. Soekarno, Drs. Moch. Hatta, Sutan Syahrir dan lain-lain.
demikianlah artikel Gerakan Tiga A : organisasi bentukan Jepang ini, semoga artikel sederhana ini dapat memberikan wawasan kesejarahan bagi kita semua. [ ] 
Description: GERAKAN TIGA A : ORGANISASI BENTUKAN JEPANG Rating: 5.0 Reviewer: Amir Al-Maruzy ItemReviewed: GERAKAN TIGA A : ORGANISASI BENTUKAN JEPANG
Komentar Anda Adalah Sumbangsih Yang Tak Ternilai Untuk Kata Ilmu
previous previous