APA YANG DIMAKSUD MIGRASI

Apa Yang Dimaksud Migrasi – Pada kesempatan kali ini, Amir Al-Maruzy akan membahas tentang migrasi. apa yang dimaksud migrasi. Migrasi adalah gejala gerak horisontal untuk pindah tempat tinggal dan pindahnya tidak terlalu dekat, melainkan melintasi batas administrasi, pindah ke unit administrasi lain, misalnya kelurahan, kabupaten, kota atau negara. dengan kata lain migrasi merupakan perpindahan penduduk dari satu unit geografis ke unit geografis lainnya. unit geografis dapat berarti suatu daerah administratif.

Rose Stelle menyatakan bahwa migrasi meliputi perpindahan kerumah sebelah yang jarak beberapa meter dari rumah lama, tetapi juga mencakup perpindahan kenegara lain yang jaraknya beribu-ribu kilometer. Selanjutnya PBB menyatakan bahwa migrasi ialah suatu perpindahan tempat tinggal dari suatu unit administrasi ke unit administrasi lainnya.
konsep migrasi diatas mengandung pengertian sebagai perubahan tempat tinggal secara permanen, tidak memberikan batasan pada jarak maupun sifat kepindahan tersebut. usaha mengembangkan konsep migrasi ternyata tidak menghasilkan suatu rumusan yang seragam. Satu hal yang tampaknya disepakati bersama asalah migrasi menyangkut perubahan tempat tinggal dari yang biasanya.
Di Indonesia konsep migrasi yang dipergunakan diantaranya yang dikemukakan oleh Biro Pusat Statistik (BPS). Migrasi dalam hal ini diartikan sebagai perpindahan seseorang melewati batas propinsi menuju propinsi lain dalam jangka waktu enam bulan atau lebih. Namun demikian dijelaskan pula bahwa seseorang dikatakan telah melakukan migrasi apabila ia telah melakukan perpindahan kurang dari enam bulan tetapi secara resmi pindah atau sebelumnya telah ada niatan untuk menetap di daerah tujuan.
demikianlah artikel Apa yang dimaksud migrasi, semoga artikel sederhana ini dapat memberikan manfaat. [ ]