TIPS JITU MEMILIH JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI

Tips Jitu Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi – Bulan April nanti anak-anak kelas VII SMA sederajat akan melaksanakan ujian nasional, itu artinya mereka akan segera meninggalkan bangku SMA (kalau lulus :D), tips jitu memilih jurusan di perguruan tinggi. Nah mereka akan menuju jenjang Perguruan tinggi, karena apalah artinya kalau hanya sampai ditingkat SMA saja, pekerjaan yang kompeten hanya sebagai pesuruh atau cleaning service saja :D. Tips jitu memilih jurusan di perguruan tinggi
Next... kali ini, blog ini akan memberikan sedikit Tips jitu memilih jurusan di perguruan tinggi. Sekedar pengalaman saja, saya dulu sewaktu tamat dari SMA, dipusingkan dengan hal ini, yakni memilih jurusan yang sesuai dan jurusan tersebut punya nilai jual atau sederhananya tersedia banyak lowongan kalau selesai nantinya. Saya waktu itu memilih jurusan yang memang kalau dilihat dari luarnya “tidak keren”, tapi saya tidak menyesal koq, karena lewat memilih jurusan ini, saya sekarang menikmatinya :D. Dulu sewaktu SPMB 2003, saya memilih jurusan sejarah di Universitas Negeri Makassar ( UNM ), mahasiswa jurusan sejarah UNM ini nantinya diperuntukkan untuk menjadi seorang guru, baik guru IPS di tingkat SMP dan sederajat maupun guru sejarah di tingkat SMA dan sederajat. Nah dsini sudah kentara dari keunggulan jurusan sejarah ini, karena nantinya sarjana sejarah bisa di tempatkan di SMP maupun di SMA. Dan yang paling utama profesi guru saat ini adalah profesi yang banyak lowongannya, lihat saja kalau ada pendaftaran CPNS, so pasti kuota guru dalam formasi CPNS adalah yang terbanyak.
Dan lagian profesi guru sekarang sudah lumayan tinggi penghasilannya, karena gaji guru dengan golongan terendah sekarang paling rendah 2 juta perbulan ditambah dengan adanya tunjangan sertifikasi yag membuat gaji seorang guru dobel :D. Serta tunjangan-tunjangan lainnya. Jadi saya sarankan kepada adik-adik yang bingung dalam memilih jurusan di perguruan tinggi, pilih saja profesi guru :D.
Hal yang keedua yang peluangnya besar adalah profesi di bidang kesehatan, profesi ini yang menjadi terfavorit kedua setelah profesi guru, jadi bagi adik-adik yang berminat dibidang ini saya sarankan jangan ragu pilih jurusan kesehatan.
Itulah sedikit rekomendasi saya, dan yang terpenting dari dua profesi ini yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan, selain tersedia lowongan yang luas, penghasilan lumayan dan ini yang paling utama, karena kalau kita berprofesi sebagai guru atau tenaga kesehatan, maka amal akan bertambah terus, kenapa saya katakan demikian, karena sang guru itu mempunyai tugas mulia, yakni membuat seseorang dari tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak pintar menjadi pintar, dan setiap 1 orang siswa kita yang selesai, maka kita poit amal, nah gimana kalao kita bisa mencetak ribuan siswa so pasti amal kita menggunung tentunya. Profesi yang kedua adalah tenaga kesehatan, nah amal bagi para tenaga di bidang kesehatan ini tidak sedikit pula, karena mereka akan membuat seseorang yang sakit menjadi sembuh. Ok semoga coretan sederhana ini bermanfaat  .