SINAR ISLAM DI CORDOVA DAN GRANADA

Sinar Islam di Cordova dan Granada – Kota Cordova dan Granada pernah menjadi kota Islami yang jaya pada zamannya, sinar Islam di Cordova dan Granada pernah menyala-nyala disana, nah untuk sekedar menyampaikan pesan kepada generasi muda, maka pada kesempatan ini, blog Amir Al-Maruzy ingin mempublish secara sederhana sejarah Islam disana.
Istana Al-Hambra
Kota Cordova
Cordova adalah ibukota Spanyol sebelum Islam, yang kemudian diambil alih oleh bani Umayyah. Oleh penguasa muslim, kota ini dibangun dan diperindah. Jembatan besar dibangun diatas sungai yang mengalir di tengah kota. Taman-taman dibangun untuk menghiasi ibukota Spayol islam itu. Pohon-pohon dan kembang nan indah di impor dari Timur. Di seputar ibukota berdiri istana-istana yang megah yang semakin memperindah pemandangan, setiap istana dan taman diberi nama tersendiri dan dipuncaknya terpancang Istana Damsik.
Diantara kebanggaan kota Cordova lainnya adalah masjid  Cordova. Menurut Ibnu Al-Dala’i, terdapat 491 masjid disana. Disamping itu, ciri khusus kota-kota Islam adalah adanya tempat-tempat pemandian. Di Cordova saja terdapat sekitar 900 pemandian. Disekitarnya berdiri kompleks-komplek perumahan nan Indah. Karena air sungai tak layak untuk dikonsimsi, maka penguasa Muslim mendirikan saluran air dari pengunungan yang panjangnya 80 Km.
Kota Granada
Granada adalah tempat pertahanan terakhir umat Islam di Spanyol. Disana berkumpul sias-sisa kekuatan Arab dan pemikir Islam. Posisi Cordova diambil alih oleh Granada di akhir masa kekuasaan Islam di Spanyol. Arsitektur-arsitektur bangunan terkenal seantero Eropa. Istana Al-Hambra yang indah dan megah adalah pusat dan puncak ketinggian arsitektur Spanyol Islam. Istana itu dikelilingi taman-taman yang tidak kalah indahnya.
Kisah tentang kemajuan pemabangunan fisik ini masih bisa diperpanjang dengan kota dan Istana Al-Zahra, Istana Al-Gazar, Menara Girilda dan lain-lain.
Demikian postingan yang sangat sderhana saya tentang Sinar Islam di Cordova dan Granada, moga-moga bermanfaat bagi kita semua.^_^