RUMUS KELULUSAN UJIAN NASIONAL 2011

Rumus Kelulusan Ujian Nasional 2011 – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan Nasional Republik indonesia (Kemendiknas RI) telah mengeluarkan keputusan tentang Ujian Nasional (UN) SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat. Rumus kelulusan Ujian nasional 2011. Inti dari keputusan Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia sederhananya menggunakan sistem gabungan, dimana penentu dari kelulusan siswa SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat adalah pertama dari hasil Ujian nasional itu sendiri dan penentu kedua nilai dari sekolah yang bersangkutan, kalau dicermati hasil keputusan ini, sudah lumayan dibanding dengan sistem yang digunakan pada tahun sebelumnya. Rumus kelulusan ujian nasional 2011

Mengapa dikatakan sudah lumayan??? Karena penilaian guru juga menjadi penentu sebelumya, padahal tahun sebelumnya, peran guru yang mengajar siswa yang bersangkutan dan yang mengetahui benar keadaan dan kemampuan siswanya seakan dikebiri, karuna faktor penentu hanya dari hasil ujian nasional yang ditentukan dari pusat. Sehingga banyak kejadian, siswa yang berprestasi disekolah tidak lulus dan siswa yang nakal-lah yang lulus. Tapi Alhamdulillah tahun ini, dengan menerapkan sistem yang memberi wewenang guru untuk menilai siswanya apakah layak lulus atau tidak.
Sebagai seorang staff pengajar di salah satu SMA, saya dan teman-teman guru yang lain intens memantau dan juga ikut sosialisasi tentang sistem penilaian dan syarat untuk lulus pada jenjang SMP/Sederajajt dan SMA/Sederajat. Salah satu yang topik urgent yang kami pelajari dan harus dipahami adalah bagaimana cara atau apa rumus kelulusan siswa ujian nasional 2011 ini,
Mungkin ada orang tua siswa, atau teman-teman pengajar yang lain yang belum memahami, atau bahkan siswa sendiri yang penasaran akan rumus perhitungan kelulusan dan  ingin mengetahui Rumus kelulusan Ujian nasional 2011.
Baiklah pada kesempatan kali ini saya ingin share sedikit tentang Formula nilai akhir penentu kelulusan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat, serta sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat, pada Ujian Nasional (UN) Tahun 2011 ditetapkan dengan menggabungkan nilai mata pelajaran ujian nasional (UN) dengan nilai sekolah. Ini rumus kelulusan ujian nasional 2011:
  • Nilai akhir adalah pembobotan 60% nilai ujian nasional + 40% nilai sekolah.
  • Nilai Akhir Minimal 5, 5
  • Nilai tiap mata pelajaran Minimal 4,0
  • Tidak Ada ujian pengulangan (kejam juga yach xixixixi).
Dari pembobotan di atas, misalkan Ahmad meraih nilai 4 pada UN agar dapat lulus maka Ahmad harus meraih nilai sekolahnya 8.
Karena  ( 0,6 x 4 ) + ( 0,4 x 8 ) = 5,6  ( di atas nilai minimal 5,5 )
Jika Nilai Sekolahnya 7, maka si Ahmad belum lulus, dengan alasan:
( 0,6 x 4)  + ( 0,4 x 7 ) = 5,2 (dibawah nilai minimal 5,5)
Dari example diatas agar posisi Ahmad aman dari Ujian nasional adalah 6.

Next… demikian sedikit penjelasan sederhana tentang rumus kelulusan Ujian Nasional 2011, semoga bermanfaat tentunya, Salam….