POSISI TEMPAT DUDUK DALAM UAN 2011

Posisi Tempat Duduk Dalam UAN 2011 – Ujian Akhir Nasional untuk tahun 2011 sudah semakin dekat, sesuai jadwal, UAN tingkat SD/sederajat, SMP sederajat dan SMA/sederajat akan dilaksanakan pada bulan depan. Posisi tempat duduk dalam UAN 2011 nanti akan diatur sedemikian rupa, sehingga meminimalisir kecurangan atau saling nyontek dan saling berbagi Kunci jawaban antar peserta UAN 2011.  Informasi tentang UAN 2011 yang diterima adalah Salah satu perbedaan paling signifikan antara UN tahun 2011 dengan tahun-tahun sebelumnya adalah paket soal yang disediakan tiap mata pelajaran di setiap ruangnya. Apabila tahun 2010 lalu hanya ada 2 paket soal per mata pelajaran di tiap ruangnya, UN tahun 2011 ini diujikan 5 paket soal sekaligus. Tujuan pemerintah menerapkan ini meminimalisir kecurangan, terutama kemungkinan siswa mencontek saat mengerjakan soal.
Munculnya 5 paket soal ini tentu berpengaruh pada posisi tempat duduk peserta. Melalui Permendiknas maupun POS UN, pemerintah tidak secara tegas menentukan posisi tempat duduk ini. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Persoalan tempat duduk pada UN tahun lalu langsung ditentukan melalui POS UN.
Berkaitan dengan 5 paket soal tersebut konsekuensinya adalah diperlukan ketelitian pengawas ruang UN agar tidak keliru dalam mendistribusikan soal UN kepada peserta.
Berikut perkiraan posisi tempat duduk pada pelaksanaan UAN 2011 nanti. Posisi paling memungkinkan barangkali dengan mengurutkan secara berkelanjutan soal tersebut dari kiri ke kanan, dengan catatan nomor peserta tetap diurutkan melingkar seperti ular.
Sekali lagi posisi tempat duduk diatas baru sebatas perkiraan, sekedar informasi, yang akan mengeluarkan keputusan posisi tempat duduk dalam UAN 2011 ini adalah BNSP, dan secepatnya akan didistribusikan kepada sekolah-sekolah yang melaksanakan Ujian Akhir nasional. Untuk melihat detail Posisi tempat duduk dalam UAN 2011, silahkan download denahnya DISINI.