Pengertian Etika

Pengertian Etika – Kali ini Kata Ilmu ingin membahas secara sederhana tentang pengertian Etika. Etika adalah ilmu tentang kesusilaan, ilmu inilah yang menentukan bagaimana sepatutnya manusia hidup dalam masyarakat, mengenal, memikirkan, serta memahami lebih mendalam tentang apa yang baik, atau apa yang tidak tercela, dan apa yang menimbulkan aib. Detailnya etika senantiasa menyoroti prilaku dan tingkah laku setiap orang didalam masyarakat. Pengertian etika.
Pengertian etika. Para ahli filsafat dan ahli jiwa berpendapat bahwa etika dan moral sama artinya. Demikian halnya antara etika dan kesusilaan (susila:Sansekerta) identik. Etika (etnos:yunani) yang berarti watak atau adat kebiasaan, tak berbeda dengan kata mos (latin) yang artinya moral, jamaknya mores yang berarti adat atau tata cara hidup.
Dalam relialitasnya, etika dan moral ada sedekit perbedaan. Moral dan moralitas tertuju kepada suatu perbuatan, tingkah laku, yang sedang dinilai. Etika tertuju kepada pengkajian sistem nilai-nilai, atau norma-norma. Kata susila (kesusilaan) megacu kepada dasar-dasar, prinsip-prinsip atau peraturan hidup (sila) yang baik (su).
Bila etika lebih didasarkan padafakta yang menyangkut peraturan yang berlaku didalam masyarakat, maka lain halnya dengan moral yang lebih tertuju pada masalah tingkah laku dan perbuatan manusia itu sendiri. Etika merupakan bakat alamiah seorang manusia. Manipestasinya tampak jelas dalam pergaulan hidup dilingkungan krkeluargaan, yang saling menghormati, tolong-menolong, saling membantu, bahkan saling memperingati tentang mana yang baik dan mana yang buruk.
Dalam realitas hidup jelas nampak bahwa tidak mungkin etika sebagai ilmu dapat diajarkan tampa menerima kebenaran-kebenaran yang bersifat pengandaian (postulat-postulat). Hal demikian terkait erat dengan penilaian, misalnya penilaian terhadap bai buruknya tingkah laku seseorang dalam kehidupan bernasyarakat. Dalam hal ini penilaian kepada seseorang dititikberatkan pada amal perbuatannya, bukan pada niatnya yang tersembunyi didalam lubuk hatinya.
Jadi pengertian secara lengkap etika itu adalah ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan menitikberatkan pengamatan pada tingkah laku dan amal perbuatan manusia sejau dapat diketahui serta dipertimbangkan oleh akal pikiran tentang manfaat dan mudharatnya.
Demikanlah postingan sederhana saya tentang pengertian etika ini, semoga memberikan manfaat bagi kita semua.[ki]