CARA MENGHINDARI RADIASI NUKLIR FUKUSHIMA JEPANG

Cara Menghindari Radiasi Nuklir Fukushima Jepang- Setelah Wilayah pantai Timur Jepang diluluh-lantakkan oleh gempa yang disertai tsunami dahsyat, maka kini muncul kekwatiran akan bahaya radiasi nuklir akibat meledaknya PLTN (Pusat Listrik Tenaga Nuklir) Fukushima Daiichi Jepang. Cara menghindari radiasi nuklir Fukushima Jepang. Bahkan kita yang bermukim di Indonesia sempat pula kwatir, karena beredardesas-desus bahwa radiasi nuklir Fukushima jepang akan sampai di wilayah Indonesia. Tapi dengan kuasa Tuhan Insya Allah radiasi itu tak akan sampai ke negara tercinta kita. Cara menghindari radiasi nuklir Fukushima Jepang.

PLTN Fukushima Jepang Yang Meledak
Krisis nuklir pascaledakan di PLTN Fukushima Daiichi, Jepang, menebarkan kepanikan mengenai ekspos radiasi. Berikut cara mengurangi dampaknya, meski tak bisa 100% mencegah ekspos radiasi.
Hal pertama yang diimbau kepada warga yang berdomisili pada radius 30 km adalah menutup pintu dan jendela. Mereka juga diimbau untuk mematikan pendingin ruangan atau AC dan ventilasi.
Harus ada sejumlah peraturan yang dilakukan agar bisa mencegah eksposur internal melalui pernapasan atau konsumsi makanan. Jika substansi radioaktif terakumulasi, tubuh manusia bisa terpengaruh dalam jangka panjang.
Sekembalinya dari luar ruangan, sebaiknya mengganti pakaian serta mencuci tangan dan muka. Hindari meminum air sumur dan makanan yang telah ditinggalkan di luar ruangan.
Substansi radioaktif dari PLTN mengandung iodin, yang biasa digunakan sebagai obat antiradiasi, serta gas-gas langka. Untuk mencegah eksposur di dalam ruangan, seluruh pintu dan jendela ditutup serta mematikan segala bentuk ventilasi.
Saat di luar ruangan, sebaiknya mengenakan masker untuk menutup mulut dan hidung. Yakni berupa kain, handuk atau saputangan basah, guna mencegah terhirupnya substansi radioaktif. Kulit juga sebaiknya diupayakan sesedikit mungkin terekspos udara.
Demikian sedikit artikel cara menghindari radiasi nuklir Fukushima Jepang, semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk kita semua. See you next time….