Apa Yang Dimaksud Khulafaur Rasyidin

Apa Yang Dimaksud Khulafaur Rasyidin – Alhamdulillah pada kesempatan ini, Kata Ilmu akan Share tentang Apa yang dimaksud Khulafaur Rasyidin. Nabi Muhammad SAW wafat pada tahun 632 Masehi. Sepeninggal beliau, pengaturan masyarakat dan penyebaran Islam menjadi tanggung jawab para Khalifah. Empat Khalifah pertama disebut Khulafaur Rasyidin. Mereka adalah Abu bakar As Syidik, Umar Bin Khattab, Usman Bin Affan dan Ali Bin Abu Thalib. Kepemimpinan nabi Muhammad SAW yang demokratis diteruskan oleh para Khalifah.

Dibawah pimpinan keempat Khalifah, masyarakat Muslim mulai memperluas pengaruhnya. Dibawah kepemimpinan Abu bakar Bin Khattab, pengaruh Islam menyebar ke seluruh Jazirah Arab dan mulai memasuki Palestina. Dibawah kepemimpinan Umar Bin khattab, pengaruh islam mulai memasuki Syria; Mesopotamia; Mesir dan mulai masuk ke Persia. Untuk menangani wilayah yang semakin luas. Umar menata administrasi pemerintahan, antara lain dengan membentuk propinsi-propinsi dan lembaga pengadilan. Di bawah kepemimpinan Usman Bin Affan, pengaruh Islam menyebar keseluruh Persia, Siprus, Rhodes, Transoxania dan Tabaristan. Kemudian untuk beberapa lama perluasan pengaruh berhenti.
Pada masa pemerintahan Usman Bin Affan, untuk pertama kalinya terjadi perpecahan dalam masyarakat Muslim. Konflik tersebut disebabkan oleh ketidaktegasannya sebagai pemimpin dan kecenderungan Nepotisme. Meskipun demikian kepemimpinannya juga ditandai oleh sejumlah pembangunan di bidang ekonomi dan keagamaan.
Khalifah berikutnya, yakni Sepupu sekaligus menantu nabi Muhammad SAW. Pada masa kepemimpinan singa padang pasir ini, pergolakan lebih rumit terjadi. Pemberontakan antara lain muncul dari keluarga Usman Bin Affan dan Gubernur Damsyik. Upaya memadamkan pemberontakan ternyata tidak berhasil memulihkan kesatuan di lalangan Muslim. Ummat Islam bahkan terpecah menjadi Kaum Muawiyah, Syiah dan al-Khawarij.
Berakhirnya kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib menandai akhir masa Khulafaur rasyidin. Pada tahun 661 Masehi. Kepepmimpinan beralih kepada kaum Muawiyah atau libih familiar dengan sebutan Bani Umayyah.
Demikianlah artikel sederhana tentang apa yang dimaksud Khulafaur Rasyidin, semoga memberi wawasan kesejarahan bagi kita semua. [ki ]