• Subscribe via RSS

Penyebarluasan Berita Proklamasi

Penyebarluasan Berita Proklamasi Indonesia - Sambutan dan dukungan terhadap proklamasi lemerdekaan Indonesia cukup luas dikalangan masyarakat Indonesia. Berita tentang proklamasi tersebut menyebar ke hamper seluruh penjurutanah air. Berita tesebut menyebar melalui media massa surat kabar maupun radio.
Walaupun masih dikuasai oleh tentara Jepang, ternyata radio merupakan sarana penting didalam penyebarluasan berita Proklamasi. Tokoh pergerakan bangsai Indonesia yang bekerja pada stasiun radio antara lain Maladi dan Yusuf Ronodipura. Semua stasiun dan stasiun kereat api di PUlau Jawa merupakan sarana untuk meneruskan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia agar sampai keselurh masyarakat Indonesia. Kantor berita Jepang Domei dapat dikacaukan, bahkan berita kemerdekaan Indonesia dapat tersebar hingga keluar negeri melalui jaringan  Jepang sendiri. Sinarapi kemerdekaan Indonesia itupun terus merayap kemana-mana, keseluruh pelosok pulau Jawa kemudianmenyeberang lautabn menujuSumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.
Surat kabar pertama kali yang menyiarkan berita tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah Tjahaja yang terbit di Bandung dan Soeara Asia yang terbit di Surabaya. Pemyambutan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh seluruh rakyat dibuktikan dengan pelucutan senjata pasukan Jepang, pengambil alihan pucuk pimpinan dan semangat terus berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Disamping melalui siaran radio, Koran dan selebaran-selebaran, berita Proklamasi secara resmi dibawa oleh para utusan yang kebetulan menghadiri siding PPKI (Panita Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dan menyaksikan pelaksanaan Proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Utusan-utusan itu antara lain: Teuku Muhammad Hasan (Aceh), Sam Ratulangi (Sulawesi), Ketut Pudja (Bali), AA Hamidan (Kalimantan).

Demikianlah artikel mengenai Penyebarluasan Berita Proklamasi, semoga bermanfaat.[ki]
Description: Penyebarluasan Berita Proklamasi Rating: 5.0 Reviewer: Amir Al-Maruzy ItemReviewed: Penyebarluasan Berita Proklamasi
Komentar Anda Adalah Sumbangsih Yang Tak Ternilai Untuk Kata Ilmu
previous previous