MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Maulid Nabi Muhammad SAWFebruari ini, tepatnya pada tanggal 15 Februari 2011 bertepatan dengan penanggalan Islam 12 Rabi-Al-Awwal 1442H (Hijriah). Pada hari tersebut, Nabi junjungan kita Muhammad SAW dilahirkan, atau lebih dikenal dengan maulid nabi Muhammad SAW. Semoga shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada beliau beserta keluarga dan sahabatnya.

Hari itu, di dikenal dengan Maulid Nabi Muhammad SAW (Milad an Nabi). Maulid Nabi Muhammad SAW memang bukan hari besar Islam kalau dilihat dari pandangan al Quran dan Hadis. Juga, Nabi Muhammad SAW sendiri pun tidak menganjurkan harinya diperingati. Tetapi, bila melihat pada sejarah, di era kekhalifan juga pernah diadakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Untuk itu, sebagai penghormatan, pada hari itulah, kita setidaknya mengingat hari lahirnya Nabi Muhammad SAW yang kita cintai. Seseorang yang diberi hidayah Allah sebagai penerang dengan membawa ajaran hinggan akhir jaman. 
Di kehidupan masa kini, kita telah mafhum dan mengenal berbagai macam peringatan hari-hari, baik itu hari kenegaraan (nasional) seperti Hari Kemerdekaan, mungkin juga hari Ulang Tahun perusahaan tempat kita bekerja, dan juga sangat banyak yang memperingati hari Ulang Tahun diri sendiri. Peringatan itu tidak harus mewah, besar, dengan mengundang puluhan hingga ratusan orang. Banyak pula yang sekedar merenung, mengulang seluruh kegiatan, baik kegiatan bangsa, kegiatan di perusahaan, atau juga seluruh pekerjaan yang telah dilakukan selama setahun. Dan seluruh renungan itu tidak haram, karena dengan merenung dan mengevaluasi segala pekerjaan kita, kita menjadi manusia yang selalu ingat. Dan apa karunia bagi orang yang ingat? Yaitu diberikan penerang dan hidayah baginya. Semoga dalam peringatan ini kita semakin cinta kepada Nabi Akhirul zaman atau penutup zaman. Dan merupakan penerang bagi sekalian ummatnya.