JENIS-JENIS GAJI SEORANG PENULIS

Jenis-jenis Gaji Seorang Penulis - Menjadi penulis itu termasuk pengerjaan yang sangat mulia, karena meskipun si penulis nantinya telah meninggal maka karyanya akan tetap abadi dan memberikan manfaat kepada masyarakat, dengan sendirinya, amal penulis tidak akan pernah putus sepanjang masa. Nah bicara soal amal, apakah hanya amal doang yang diterima oleh penulis???. Jawabannya tentu tidak, karena penulis pun akan mendapatkan imbalan materi atau sejumlah uang dari jerih payahnya menelorkan tulisan kemudian dibukukan. Dan sejumlah uang atau materi yang diberikan kepada penulis( baik penulis di koran/semacamnya atau buku) dibagi tiga yakni:

Honor. Sistem honor biasanya diterapkan di media massa seperti koran, majalah, atau tabloid. Jika sebuah tulisan dimuat di suatu media, penulisnya akan mendapatkan honor atau honorarium yang besarnya sudah ditetapkan oleh media itu. Tulisan yang dimuat di media ini bisa berupa artikel lepas, resensi, esai, cerpen, cerbung dan lain sebagainya. Seturut dengan tulisan yang sifatnya pendek, maka biasanya honor yang diterima pun tidak terlalu besar. Kisarannya antara ratusan ribu sampai juta, tergantung jenis tulisan, media, dan siapa penulisnya
Royalti. Sistem royalti lazim digunakan di dunia penerbitan dari buku, film sampai musik. Sistem royalti adalah pembagian keuntungan yang besarnya ditentukan berdasar persentase tertentu dari nilai jual buku. Royalti di penerbitan buku besarnya rata-rata 10%. Misalnya dengan harga jual buku Rp 50.000,- maka penulisnya akan mendapatkan Rp 5.000,- untuk setiap buku yang terjual. Untuk penerbitan yang berbadan hukum, royalti ini masih dipotong pajak 15%. Di beberapa penerbitan ada juga yang memberikan uang muka, ada pula yang tidak. Royalti dibayarkan oleh penerbit secara periodik, misalnya tiga bulanan, enam bulanan atau setiap tahun.
Penjualan naskah. Sistem ini dipakai bila penulis ingin menjual naskah, biasanya buku, secara jual putus. Misalnya seorang penulis memiliki naskah dan penerbit membelinya sekian juta pada penulis tersebut. Umumnya uang penjualan naskah diterima penulis di muka.