GOOGLE MEMPERINGATI KELAHIRAN EDISON

Google Menperingati Kelahiran Edison – Hari ini tepat kelahiran seorang tokoh dunia, Thomas Alva Edison. Edison adalah seorang tokoh dunia yang menjadi tokoh yang menyumbangkan pemikirannya untuk kemaslahatan umat yang masih dirasakan sampai sekarang. Meskipun tidak pernah duduk di bangku sekolah, namun berkat ketekunan dia dalam mempelajari sesuatu, beliau akhirnya membuat telegraf yang bisa difungsikan.

Tahun 1877 beliau menemukan phonograph. Pada tahun ini pula beliau menyibukkan diri dengan masalah yang pada waktu itu menjadi perhatian banyak peneliti: lampu pijar. Edison menyadari betapa pentingnya sumber cahaya semacam itu bagi kehidupan umat manusia. Oleh karena itu Edison mencurahkan seluruh tenaga dan waktunya, serta menghabiskan uang sebanyak 40.000 dollar dalam kurun waktu dua tahun untuk percobaan membuat lampu pijar. Persoalannya ialah bagaimana menemukan bahan yg bisa berpijar ketika dialiri arus listrik tetapi tidak terbakar. Total ada sekitar 6000 bahan yang dicobanya. Melalui usaha keras Edison, akhirnya pada tanggal 21 Oktober 1879 lahirlah lampu pijar listrik pertama yang mampu menyala selama 40 jam.


Masih banyak lagi hasil penemuan Edison yang bermanfaat. Secara keseluruhan Edison telah menghasilkan 1.039 hak paten. Penemuannya yang jarang disebutkan antara lain : telegraf cetak, pulpen elektrik, proses penambangan magnetik, torpedo listrik, karet sintetis, baterai alkaline, pengaduk semen, mikrofon, transmiter telepon karbon dan proyektor gambar bergerak.
Thomas Edison juga berjasa dalam bidang perfilman. Beliau menggabungkan film fotografi yang telah dikembangkan George Eastman menjadi industri film yang menghasilkan jutaan dolar seperti saat ini. Dia pun membuat Black Maria, suatu studio film bergerak yang dibangun pada jalur berputar.

Hari ini tepat kelahiran beliau, dan google berdedikasi memperingatinya dengan memasang lambang di mesin pecarinya. Yach Edison memang layak dihargai karena sangat berjasa besar sama pada kemaslahatan umat. Thomas Alva Edison dilahirkan di Milan, Ohio pada tanggal 11 Februari 1847. Tahun 1954 orang tuanya pindah ke Port Huron, Michigan.