DESAKU TEMPAT MASA KECILKU DULU

Desaku Tempat Masa Kecilku Dulu – Bontomarannu Sebuah desa yang berada di wilayah administratif kabupaten Maros. Inilah desaku tempat masa kecilku dulu. Didesa ini didiami mayoritas suku Makassar, hanya sekitar 10 % penduduk desa Bontomarannu yang berasal dari etnis Bugis, itupun mereka berasal dari eksodus wilayah pangkajene dan Kepulauan semasa pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII)  pimpinan Abdul Qahhar Mudzakkar.
Di desa inilah saya menjalani masa kecil yang bahagia, bersekolah di tingkat SD (Sekolah Dasar) dan disinilah kenanganku bersama keluarga dan teman-teman sebayaku dulu. Bontomarannu bila diartikan secara harfiah berarti Bonto diartikan sebagai pulau atau tempat yang tinggi dan Marannu sendiri berarti Gembira atau bahagia, jadi Bontomarannu kira-kira bisa diartikan sebagai tempat yang membuat bahagia.
Saat ini desa Bontomarannu terbagi kedalam tiga dusun (kampung), yakni Dusun Jambua, dusun Leko dan Dusun Tokka. Kampung saya sendiri yakni Dusun Leko. Ada yang khas didusun leko ini, karena kepala dusunnya masih dipanggil galla atau gallarrang, istilah gallarrang sendiri dipakai pada masa kerajaan Gowa-Tallo dahulu kala. Entah kenapa sampai sekarang istillah gelar galla itu masih dipertahankan di kampung saya. Pada zaman kerajaan dahulu, gallarang setingkat dengan Gubernur, karena dahulu Galla itu menaungi suatu daerah gallarang yang luas dan galla sendiri langsung bertanggung jawab kepada Sombayya atau raja.
Itulah sedikit deskripsi singkat mengenai desaku tempat masa kecilku dulu. Meskipun saat ini saya sudah bermukim di kota Makassar, namun saya tetap mengenang desaku tempat masa kecilku dulu, yakni Desa Bontomarannu. Sebuah desa yang asri dan udaranya masih segar karena polusi belum masuk kedesa ini, dan didesa ini masih di dominasi oleh pepohonan yang rindang dan menghijau.***