7 kebudayaan Asli Indonesia

7 kebudayaan Asli Indonesia - Nilai-nilai budaya prasejarah bangsa Indonesia mewariskan konsep-konsep yang sangat penting dan bernilai bagi kehidupan bangsa Indonesia. Nilai-nilai budaya itu melahirkan setidaknya tujuh budaya asli bangsa Indonesia, antara lain:
Mengenal astronomi
Pengetahuan tentang astronomi sangat penting bagi kehidupan mereka, terutama pada saat mereka berlayar di malam hari. Astronomi juga penting artinya dalam menentukan musim untuk keperluan pertanian.
Mengatur masyarakat
Dalam hidup bermasyarakat diperlukan suatu tatanan dalam mengatur masyarakat tersebut. Pada masyarakat dari desa-desa purba Indonesia telah memiliki aturan hidup yang demokratis namun sedikit dipengaruhi budaya mistis.
Sistem Macapat
Sistem macapat adalah suatu tatacara yang didasarkan pada jumlah empat dan pusat pemerintahan berada ditengah-tengah wilayah yang dikuasainya. Pada pusat pemerintahan terdapat suatu alun-alun, keraton, kuil, pasar dan penjara. Susunan ini masih bisa ditemukan dikota-kota di Indonesia sekarang.
Kesenian Wayang
Munculnya kesenian wayang berpangkal pada pemujaan roh nenek moyang atau animisme. Cerita dalam wayang kemudian dipengaruhi oleh masuknya agama serta kebudayaan Hindu di Indonesia.
Seni Gamelan
Seni gamelan digunakan untuk mengiringi pertunjukan wayang dan dapat mengiringi pelaksanaan upacara.
Seni Membatik
Seni membatik merupakan kerajinan untuk menghiasi kain dengan menggunakan alat yang disebut canting. Hiasan gambar diambil dari sebagian besar alam lingkungan Indonesia.
Seni Logam
Seni membuat barang-barang dari logam menggunakan teknik a Cire Perdue. Tehnik a Cire Perdue adalah cara membuat barang-barang dari logam dengan terlebih dahulu membentuk tempat untuk mencetak logam sesuai dengan benda yang dibutuhkan.[ki]
Description: 7 kebudayaan Asli Indonesia Rating: 5.0 Reviewer: Amir Al-Maruzy ItemReviewed: 7 kebudayaan Asli Indonesia
Komentar Anda Adalah Sumbangsih Yang Tak Ternilai Untuk Kata Ilmu
previous previous