RIWAYAT DEWA ZEUS YANG AGUNG

Riwayat Dewa Zeus Yang Agung - Zeus dalam mitologi Yunani adalah raja para dewa, penguasa Gunung Olympus, dan dewa langit dan guntur. simbol-Nya adalah petir, elang, banteng dan pohon ek.Selain warisannya Indo-Eropa, Zeus klasik juga berasal ciri ikonografi tertentu dari budaya Timur Dekat kuno, seperti tongkat kekuasaan. Zeus sering dipertimbangkan oleh seniman Yunani dalam salah satu dari dua pose: berdiri, melangkah ke depan, sebuah petir menyamakan kedudukan di tangan kanan mengangkat, atau duduk dalam keagungan.
Putra dari Cronus dan Rhea, ia bungsu dari saudara-Nya. Ia menikah dengan Hera dalam tradisi kebanyakan, meskipun pada oracle dari Dodona permaisuri nya Dion: menurut Iliad, dia adalah ayah dari Aphrodite oleh Dion. Oleh karena itu, ia dikenal untuk petualangan erotis, termasuk satu hubungan pederastic dengan Ganymede. trysts Nya menghasilkan keturunan terkenal, termasuk Athena, Apollo dan Artemis, Hermes, Persephone (oleh Demeter), Dionysus, Perseus, Heracles, Helen, Minos, dan Muses (dengan Mnemosyne); oleh Hera ia biasanya dikatakan telah biologis Ares, Hebe dan Hephaestus.

Dia telah selalu dikaitkan sebagai dewa cuaca, sebagai atribut utamanya adalah petir, dia dikendalikan guntur, petir dan hujan. Theocritus menulis sekitar tahun 265 SM, Zeus Kadang jelas, kadang-kadang dia hujan. Ia juga dikenal telah menyebabkan badai. Dalam epik puisi itu Homer dalam Iliad ia mengirim badai melawan musuh-musuhnya. simbol lainnya selain-Nya petir, adalah tongkat, elang dan naungan-Nya .
Sejarah
Zeus merupakan kelanjutan dari Dyeus, dewa tertinggi dalam agama Indo-Eropa, juga terus sebagai Veda Dyaus Pitar (Jupiter), dan sebagai Tyr (Ziu, Tiw, Tiwaz) di Jerman dan mitologi Nordik. Tyr Walaupun begitu digantikan oleh Odin sebagai dewa tertinggi di antara suku-suku Jermanik dan mereka tidak mengidentifikasi Zeus / Jupiter dengan baik Tyr atau Odin, tetapi dengan Thor.
Selain warisannya Indo-Eropa, Zeus klasik juga berasal ciri ikonografi tertentu dari budaya Timur Dekat kuno, seperti tongkat kekuasaan.
Dalam seni, Zeus biasanya digambarkan sebagai berjenggot, setengah baya tapi dengan tokoh muda. Seniman selalu berusaha untuk mereproduksi kekuasaan Zeus dalam pekerjaan mereka, biasanya dengan memberinya berperan sebagai dia akan membuang baut nya keringanan. Ada banyak patung Zeus, tetapi tanpa keraguan Zeus Artemisium adalah yang paling megah.
Kelahiran
Cronus menjadi bapak beberapa anak oleh Rhea: Hestia, Demeter, Hera, Hades, Poseidon, tetapi menelan mereka semua segera setelah mereka lahir, karena ia telah belajar dari Gaia dan Uranus bahwa ia ditakdirkan untuk diatasi oleh anaknya sendiri seperti yang ia digulingkan ayahnya sendiri. Tapi ketika Zeus hendak lahir, Rhea dicari Uranus dan Gaia untuk merancang sebuah rencana untuk menyelamatkan dia, sehingga Cronus akan mendapatkan retribusi nya untuk tindakan melawan Uranus dan anak-anaknya sendiri. Rhea melahirkan Zeus di Kreta, menyerahkan Cronus batu dibungkus dengan lampin, yang ia segera ditelan.
Masa kanak-kanak
Rhea menyembunyikan Zeus di sebuah gua di Gunung Ida di Kreta. Menurut berbagai versi dari cerita:
  • Dia kemudian dibesarkan oleh Gaia.
  • Ia dibesarkan oleh seekor kambing bernama Amalthea, sementara perusahaan Kouretes, tentara, atau dewa-dewa kecil menari-nari, berteriak dan bertepuk tangan mereka untuk membuat kebisingan sehingga Cronus tidak akan mendengar bayi menangis.
  • Ia dibesarkan oleh seorang bidadari bernama Adamanthea. Sejak Cronus memerintah atas bumi, langit dan laut, ia menyembunyikan dia dengan menggantung dia di tali dari pohon sehingga ia diskors antara bumi, laut dan langit dan dengan demikian, tidak terlihat oleh ayahnya.
  • Ia dibesarkan oleh seorang bidadari bernama Cynosura. Dalam rasa syukur, Zeus menempatkannya antara bintang-bintang setelah kematiannya.
  • Ia dibesarkan oleh Melissa, yang merawat dia dengan susu kambing

Zeus menjadi raja para dewa
Setelah mencapai kedewasaan, Zeus terpaksa Cronus untuk mengembalikan anak-anak lain dalam urutan terbalik menelan: pertama batu, yang ditetapkan sebesar Pytho bawah Glens dari Parnassus untuk menjadi tanda kepada manusia fana, kemudian sisanya. Dalam beberapa versi, Metis memberikan Cronus emetik untuk memaksa dia untuk mencurahkan bayi, atau Zeus memotong perut Cronus 'terbuka.
Kemudian Zeus merilis saudara Cronus, para Gigantes, yang Hecatonchires dan Cyclopes, dari penjara bawah tanah mereka di Tartarus (The Titans;. Dia membunuh penjaga mereka, Campe Sebagai rasa syukur, Cyclopes memberinya guntur dan halilintar, atau petir, yang sebelumnya telah tersembunyi oleh Gaia) Bersama., Zeus dan saudara-saudaranya, bersama dengan Gigantes, Hecatonchires dan Cyclopes menggulingkan Cronus dan Titans lainnya. The Titans kemudian dilemparkan ke bawah bayangan daerah yang dikenal sebagai Tartarus.
Setelah pertempuran dengan Titans, Zeus berbagi dunia dengan kakak-kakaknya, Poseidon dan Hades, dengan menarik banyak: Zeus punya langit dan udara, air Poseidon, dan Hades dunia orang mati (neraka). Tanah itu diserahkan kepada ketiga, masing-masing sesuai dengan kemampuan mereka, yang menjelaskan mengapa Poseidon adalah "bumi-shaker" (dewa gempa bumi) dan Hades mengklaim manusia yang meninggal.
Gaia marah pada cara Zeus telah memperlakukan Titans, karena mereka anak-anaknya. Segera setelah mengambil takhta sebagai raja para dewa, Zeus harus melawan beberapa anak lain Gaia, monster Typhon dan Echidna. Ia kalah Typhon dan terjebak dia di bawah gunung, tapi meninggalkan moncong dan anak-anaknya hidup sebagai tantangan bagi pahlawan masa depan.
Kehidupan Cintanya
Menurut legenda, Metis, dewi kehati-hatian, adalah cinta pertama Zeus. Pada awalnya ia mencoba sia-sia melarikan diri kemajuan, tetapi pada akhirnya menyerah untuk berusaha, dan dari mereka serikat Athena dikandung. Gaia memperingatkan Zeus yang Metis akan menanggung seorang putri, yang putranya akan menggulingkannya. Mendengar hal ini Zeus menelan Metis, alasan ini adalah untuk terus melakukan anak melalui kelahiran sendiri. Hera (istrinya dan adik) marah dan sangat cemburu urusan suaminya, juga kemampuannya untuk melahirkan tanpa partisipasi perempuan. Untuk Zeus meskipun ia melahirkan Hephaestus parthenogenetically (tanpa dibuahi) dan itu Hephaestus yang, ketika saatnya tiba, membelah kepala Zeus, Athena muncul dari yang bersenjata lengkap.

Zeus adalah saudara dan permaisuri Hera. Masalah serikat mereka Ares, meskipun Hera menghasilkan keturunan yang lain dari dirinya sendiri: Hephaistos, Eileithyia, Hebe. Penaklukan Zeus antara peri dan nenek moyang mitis fana dinasti Hellenic terkenal. mythography Olimpia bahkan kredit dia dengan serikat pekerja dengan Demeter, Latona, Dion dan Maia.
Di antara manusia: Semele, Io, Europa dan Leda. Mythic anekdot membuat Hera sebagai iri penaklukan asmara dan seorang musuh yang konsisten dari gundik Zeus 'dan anak-anak mereka dengan dia. Untuk sementara waktu, seorang peri bernama Echo memiliki tugas mengganggu Hera dari urusan-Nya dengan tak henti-hentinya berbicara: ketika Hera menemukan penipuan, ia mengutuk Echo untuk mengulang kata-kata orang lain.
Hera bore Zeus - Ares, Hephaestus, Hebe dan Eileithyia, tetapi Zeus memiliki banyak penghubung dengan kedua dewi dan manusia. Dia baik memperkosa mereka, atau digunakan berarti licik untuk merayu gadis tidak curiga. serikat-Nya dengan Leto (artinya satu tersembunyi) melahirkan si kembar Apollo dan Artemis. Sekali lagi Hera menunjukkan rasa cemburunya dengan memaksa Leto untuk menjelajah bumi untuk mencari tempat untuk melahirkan, Hera telah menghentikannya dari mendapatkan tempat tinggal di terra-firma atau di laut. Satu-satunya tempat dia bisa pergi adalah ke pulau Delos di tengah Aegean, alasannya karena yang Delos itu, sebagai negara legenda, sebuah pulau terapung.
Dalam beberapa penghubung manusia Zeus ', ia menggunakan penyamaran licik. Ketika ia merayu ratu Leda Spartan, ia mengubah dirinya menjadi angsa cantik, dan dari telur yang dihasilkan Leda, dua set kembar lahir: Castor dan Polydeuces dan Clytemnestra dan Helen of Troy.
Ia mengunjungi Danae putri sebagai pancuran emas, dan dari serikat ini Perseus pahlawan lahir. Dia menculik Europa putri Fenisia, menyamar sebagai banteng, kemudian membawanya di punggungnya ke pulau Kreta di mana ia melahirkan tiga putra: Minos, Rhadamanthys dan Sarpedon. Zeus juga mengambil sebagai kekasih pangeran Ganymede Trojan. Ia diculik oleh elang yang dikirim oleh Zeus (beberapa legenda percaya itu Zeus menyamar sebagai elang). Pangeran dibawa ke Gunung Olympus, di mana ia menjadi pembawa cangkir Zeus.
Zeus juga digunakan pesona dan kekuatan belum pernah terjadi sebelumnya untuk merayu orang-orang yang ingin, jadi ketika Zeus Semele berjanji bahwa ia akan mengungkapkan dirinya dalam segala kemuliaan-Nya, dalam rangka untuk menggoda, serikat yang dihasilkan Dionysus, tapi ia hancur ketika Zeus muncul sebagai guntur dan keringanan.
Themis, dewi keadilan menanggung tiga Horae, dewi dari musim ke Zeus, dan juga tiga Moirae, yang dikenal sebagai Nasib ini. Ketika Zeus berselingkuh dengan Mnemosyne, ia digabungkan dengan dia selama sembilan malam berturut-turut, yang menghasilkan sembilan anak perempuan, yang menjadi dikenal sebagai Muses.Mereka dihibur ayah mereka dan para dewa lainnya sebagai paduan suara surgawi di Gunung Olympus. Mereka menjadi dewa intelektual.
Juga tiga Charites atau rahmat lahir dari Zeus dan Eurynome. Dari semua anaknya Zeus memberikan manusia semua yang diperlukan untuk hidup secara teratur dan moral.
Peran dan julukan
Zeus memainkan peran besar dalam Olimpiade dewa Yunani. Dia ayah banyak pahlawan dan ditampilkan dalam banyak cerita mereka.
Meskipun ia adalah dewa langit dan guntur, ia juga artefak budaya yang paling tertinggi, dalam beberapa indera, ia adalah perwujudan dari keyakinan agama Yunani dan dewa Yunani tipikal.
Para julukan atau judul diterapkan untuk Zeus menekankan aspek yang berbeda dari otoritas luas:
  • Olympios menekankan kerajaan Zeus atas kedua para dewa dan festival Panhellenic di Olympia.
  • Judul terkait Panhellenios, ('Zeus dari semua Hellenes') kepada siapa kuil terkenal Aeacus 'pada Aegina dipersembahkan.
  • Sebagai Xenios, Zeus adalah pelindung perhotelan dan tamu, siap untuk membalas setiap kesalahan yang dilakukan kepada orang asing.
  • Sebagai Horkios, ia adalah penjaga sumpah. Pembohong yang terkena dilakukan untuk mendedikasikan patung Zeus, sering di tempat kudus Olympia.
  • Sebagai Agoraios, Zeus mengawasi alih bisnis di agora, dan dihukum pedagang tidak jujur.
Candi
Zeus memiliki banyak kuil dan festival untuk menghormatinya, yang paling terkenal dari tempat-tempat suci dirinya Olympia, yang megah "Temple of Zeus", yang diselenggarakan patung emas dan gading Zeus bertahta, dipahat oleh Phidias dan dianggap sebagai salah satu dari Tujuh " Keajaiban Dunia Kuno ". Juga Olimpiade diadakan untuk menghormatinya. Games Nemea, yang diselenggarakan setiap dua tahun, adalah untuk menghormati Zeus. Ada berbagai festival di seluruh Yunani: di Athena mereka merayakan perkawinan Zeus dan Hera dengan Theogamia (atau Gamelia). Perayaan banyak. Dalam semua, Zeus memiliki lebih dari 150 julukan, masing-masing yang dirayakan untuk menghormatinya.
Panhellenic kultus-kultus Zeus
Pusat utama di mana semua orang Yunani terkonvergensi untuk membayar kehormatan kepada Tuhan kepala mereka Olympia. Festival yg berlangsung empat tahun di sana menampilkan Games terkenal. Ada juga sebuah mezbah untuk Zeus tidak terbuat dari batu, tapi abu - dari akumulasi sisa-sisa senilai berabad-abad 'korban binatang dikurbankan di sana.
Di luar tempat-tempat suci antar-polis yang besar, ada cara tertentu menyembah Zeus yang dibagi di seluruh dunia Yunani. Sebagian besar judul di atas, misalnya, dapat ditemukan di sejumlah candi Yunani dari Asia Kecil ke Sisilia. mode tertentu ritual ditahan di umum juga: mengorbankan seekor binatang putih di atas altar mengangkat, misalnya.
Di sisi lain, kota-kota tertentu telah Zeus-sekte yang beroperasi dengan cara yang sangat berbeda.
Zeus Kreta 
Pada Kreta, Zeus disembah di sejumlah gua di Knossos, Ida dan Palaikastro. Cerita Minos dan Epimenides menunjukkan bahwa gua itu pernah digunakan untuk ramalan yg berhubung dgn pengeraman oleh raja-raja dan imam. Pengaturan dramatis Hukum Plato sepanjang rute-ziarah ke salah satu situs tersebut, menekankan pengetahuan Kreta. Pada Kreta, Zeus diwakili dalam seni sebagai seorang pemuda berambut panjang daripada dewasa matang, dan hymned sebagai ho Megas Kouros "para pemuda yang besar". Dengan Kouretes, sekelompok penari bersenjata gembira, ia bertanggungjawab atas pelatihan militer-atletis ketat dan ritus rahasia paideia Kreta.
Penulis Helenistik Euhemerus tampaknya mengajukan teori bahwa Zeus benar-benar menjadi raja besar Kreta dan yang secara anumerta kemuliaan-Nya telah perlahan-lahan berubah dia ke dewa. Karya-karya Euhemerism tidak selamat, tetapi penulis patristik Kristen mengambil saran dengan antusias.
Zeus Lykaios di Arcadia
The Lykaios judul morfologi terhubung ke lyke "brightness", namun terlihat sangat mirip lykos "serigala". Ini ambiguitas semantik ini tercermin dalam kultus Zeus Lykaios aneh di tempat terpencil dari Arcadia, dimana tuhan mengambil pada kedua fitur berkilau dan lupin. Di satu sisi, dia memimpin Mt Lykaion ("gunung terang") puncak tertinggi di Arcadia, dan rumah bagi polisi yang, konon, tidak ada bayangan yang pernah dilemparkan (Pausanias 8,38).
Di sisi lain, dia dihubungkan dengan Lycaon ("si Manusia Serigala") yang kuno kanibalisme diperingati dengan aneh, ritual berulang. Menurut Plato (Republik 565d-e), marga tertentu akan berkumpul di gunung berkorban setiap delapan tahun untuk Zeus Lykaios, dan sepotong tunggal isi perut manusia akan bercampur dengan binatang itu. Barangsiapa makan daging manusia dikatakan berubah menjadi serigala, dan hanya bisa mendapatkan kembali bentuk manusia jika ia tidak makan lagi daging manusia sampai siklus delapan tahun depan telah berakhir.
Zeus bawah tanah
Meskipun etimologi menunjukkan bahwa Zeus awalnya dewa langit, banyak kota-kota Yunani dihormati Zeuses yang tinggal di bawah tanah. Atena dan Sisilia dihormati Zeus Meilichios ("baik hati" atau "manis") sedangkan kota-kota lain telah Zeus Chthonios ("sederhana"), Katachthonios ("bawah-bumi-) dan Plousios (" kekayaan-membawa "). Ini mungkin dewa diwakili acuh tak acuh seperti ular atau laki-laki dalam seni rupa Mereka juga menerima persembahan korban binatang hitam dikorbankan ke dalam lubang cekung,. seperti yang dilakukan dewa chthonic seperti Persephone dan Demeter, dan juga para pahlawan di kuburan mereka. dewa Olimpia, sebaliknya, biasanya menerima korban putih dikorbankan di atas mezbah terangkat.
Dalam beberapa kasus, kota tidak sepenuhnya yakin apakah Daimon kepada siapa mereka dikorbankan adalah pahlawan atau Zeus bawah tanah. Jadi kuil di Lebadaea di Boeotia mungkin milik Trophonius pahlawan atau Zeus Trephonius ("memelihara"), tergantung pada apakah Anda percaya Pausanias atau Strabo. Para pahlawan Amphiaraus dihormati sebagai Zeus Amphiaraus pada Oropus luar Thebes, dan Spartan bahkan memiliki kuil untuk Zeus Agamemnon.
Firman Zeus
Meskipun sebagian besar situs oracle biasanya didedikasikan untuk Apollo, para pahlawan, atau berbagai atau dewi seperti Themis, sebuah situs dogmatis sedikit yang didedikasikan untuk Zeus.
Oracle di Dodona
Kultus Zeus di Dodona di Epirus, dimana ada bukti kegiatan keagamaan dari milenium SM 2 dan seterusnya, berpusat sekitar ek suci. Ketika Odyssey disusun (sekitar 750 SM), ramalan telah dilakukan di sana oleh para imam yang disebut Selloi bertelanjang kaki, yang berbaring di tanah dan mengamati gemerisik daun dan cabang-cabang (Od. 14,326-7). Pada saat Herodotus menulis tentang Dodona, pendeta wanita disebut peleiades ("merpati") telah menggantikan imam laki-laki.
istri Zeus 'di Dodona tidak Hera, tapi Dion dewi - yang namanya adalah bentuk feminin dari "Zeus". status nya sebagai suatu titaness menyarankan untuk beberapa bahwa ia mungkin telah menjadi dewa pra-Yunani lebih kuat, dan mungkin penghuni asli ramalan.
Oracle di Siwa
Nubuat Amon di oasis Siwa di Mesir tidak berbohong dalam batas-batas dunia Yunani sebelum hari Alexander, tapi sudah tampak besar dalam pikiran Yunani selama era kuno: Herodotus menyebutkan konsultasi dengan Zeus Amon di account tentang Perang Persia. Zeus Amon itu terutama disukai di Sparta, di mana sebuah kuil kepadanya ada pada saat Perang Peloponnesia (Pausanias 3.18).
ramalan lain Zeus - The Zeuses chthonic (atau pahlawan) Trophonius dan Amphiaraus keduanya mengatakan untuk memberikan nubuat di lokasi kultus-.
Zeus dan dewa-dewa asing
Zeus adalah setara dengan dewa Romawi Jupiter (dari Jovis Pater atau "Bapa Musytari") dan terkait dalam imajinasi klasik sinkretis dengan berbagai dewa lainnya, seperti Mesir Amon dan Tinia Etruscan. Dia (bersama dengan Dionysus) diserap peran Sabazios kepala dewa Frigia di dewa sinkretis dikenal di Roma sebagai Sabazius.
Zeus di Neopaganism
Jauh dari peran Zeus diadakan di Mitologi Kuno, Neopagans modern biasanya melihat Zeus sebagai boneka yang mengatur dan sedikit lebih. Kebanyakan neopagans menolak mitos-mitos kuno tentang Zeus. Zeus relatif sedikit penyembah neopaganism modern, dan (tidak seperti peran-perannya dalam Mitologi) dipandang sebagai dewa pemerintahan dan otoritas.
Meskipun banyak melihat Zeus sebagai Raja atau tokoh sebagai penguasa dari Olimpus, mereka sering menganggapnya kurang penting dibandingkan dengan Gaia dan populer lainnya Titan dewa yang tidak percaya untuk terikat ke Tartarus.
Kekuasaan dan pengaruh dari Zeus diduga pucat pentingnya Hades dan dewa-dewa lain yang lebih langsung terkait dengan akhirat. Diperkirakan oleh Neopagans banyak, misalnya, bahwa Hades memegang kekuasaan jauh lebih besar dari Zeus, dan bahwa keputusan dan wewenang, terutama atas nasib manusia, sering membayangi Zeus. Mereka sekte yang mencakup penyembahan Zeus sering melakukannya sambil lalu, termasuk dirinya dengan allah lain hanya karena hubungannya dalam mitologi.
Ada sedikit relevansi antara mitologi aktual dan persepsi modern Zeus oleh Neopagans kebanyakan. Bisa dikatakan bahwa, oleh dan besar, modern Neopagan persepsi dari Zeus adalah New Age dan tidak didirikan dalam sejarah yang nyata atau mitologi. Ibadah Zeus kadang-kadang meliputi pembakaran minyak, atau lebih sering suatu ucapan lewat dia sebagai suatu kewenangan Olympus atau suami dari Hera (dewa lebih populer di neopaganism modern)