PERADABAN CINA KUNO


Peradaban Cina Kuno – Peradaban Cina Kuno muncul dan berkembang di daerah Sungai Huang Ho (Sungai Kuning) dan Sungai Yang Tse. Kedua sugai ini menjadikan daerah di sekitar alirannya subur sehingga sector pertanian berkembang. Berabad-abad alamanya Cina diperintah oleh Kaisar dari berbagai dinasti. Dinasti pertama yang memerintah adalah Dinasti Hsia. Setelah dinasti ini jatuh, pemerintahan dikuasai oleh dinasti-dinasti lainnya antara lain Dinasti Shiang, Chou, Chin dan Han.

Pada masa kekuasaan dinasti Chou, lahir para intelektual, seperti Lao Tse, Meng Tse dan Kong Fu Tse. Lao Tse adalah Tokoh yang mengembangkan ajaran Taoisme (Kembali ke alam). Kong Fu Tse atau Kongfusius adalah penyebar ajaran Konfusianisme. Inti ajaran Konfusianisme terpusat pada masalah kehidupan sehari-hari dan pentingnya berperilaku baik kepada masyarakat.
Bangsa Cina Kuno percaya pada kekuatan dewa-dewa. Dewa tertinggi bangsa Cina Kuno adalah Dewa Shang Ti atau dewa langit. Bangsa Cina telah mengenal tulisan yang bernama Piktograf. Selain itu bagsa Cina juga telah pandai dalam ilmu astronomi dan ilmu hitung. Keahlian bangsa Cina Kuno yang hingga sekarang masih terjaga adalah tentang kepandaian dalam hal kerajinan keramik.
Karya terbesar peradaban Cina Kuno adalah Tembok Besar cina ( The Great Wall of China). Bangunan ini dibangun untuk membendung serangan dari bangsa Hun di Utara. Tembok ini memiliki panjang 2.430 km, lebar 8 m, dan tingginya 16 m. tembok besar Cina dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Chin dibawah Kaisar Shih Huang Ti. Dibawah kekaisaran ini, wilayah kekuasan Cina sangat luas. Cina mengalami kejayaan pada masa Dinasti Han yang berhasil mempersatukan Cina. Pada masa Dinasti Han ini juga telah ditemukan Kertas.***