Pendaftaran Online SIPSS Polri 2014

Pendaftaran Online SIPSS Polri 2014 - Rekruitmen merupakan gerbang awal penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdasar pada kompetensi. SDM sebagai aset utama adalah pilar institusi untuk mebawa kepada profesionalisme, kreatifitas, citra, bahkan harkat dan martabat manusia. Rekruitmen bagi institusi Polri adalah menyiapkan para petugas polisi sebagai : 
1. Penjaga kehidupan
2. Pembangun peradaban
3. Pejuang kemanusiaan.
Di Amerika Serikat untuk merekruit anggota polisi melalui test yang cukup ketat, bahkan selama 6 bulan sebelum di terima menjadi siswa di lembaga pendidikan kepolisian dipantau track recordnya untuk mengetahui secara detail calon-calon petugas polisi. Yang bukan hanya untuk mengetahui catatan kriminalitasnya saja, tetapi juga perilakunya, prestasinya. Sistem rekruitmen bukan semata mata diuji saja tetapi ada masa pemantauan sebelum masuk mengikuti pendidikan kepolisian. Sistem pendaftaranpun bukan hanya secara manual saja, tetapi bisa juga mendaftar secara elektronik bahkan sebelum dites pun dapat diadakan seleksi awal penyaringan dari data-data yang dimasukan. Bahkan test kompetensi awalpun bisa dilakukan.
Masyarakat Indonesia yang majemuk merupakan masyarakat yang kekerabatanya cukup kuat dengan model extended family system. Dalam bahasa jawa dikenal sebagai kadang konang. Keluarga yang menjabat, yang mempunyai posisi akan menjadi tumpuan keluarganya untuk membantu atau setidaknya memback up untuk mendaftar menjadi anggota polisi. Tidak hanya itu bahkan bisa juga ikut mengintervensi hasil test. Yang dampaknya KKN dalam proses rekruitmen begitu besar. Akibat besarnya KKN dlaam proses rekruitmen mengakibatkan salah penerimaan yang sebenarnya sama dengan memasukan benalu ke dalam institusi. Masyarakatpun melabel masuk polisi harus mempunyai backing, harus membayar dsb.
Sistem rekruitmen dengan cara elektronik akan membantu proses seleksi untuk mendapatkan yang terbaik dari yang baik. Merekrut polisi memang harus melihat O2H (otak, otot n hatinuraninya). Kombinasi ke tiga hal tersebut memang merupakan pilar utama seorang petugas polisi. Petugas-petugas di bidang seleksi juga harus berdasar kompetensi. Ia tidak boleh sembarangan menunjuk. Tim-tim pendukung semuanya juga mempunyai komitmen menunjukan keseriusan, keahlian mereka di biadang rekruitmen. Tentu saja dengan komitmen yang sama satu sama lainya saling mendukung untuk mewujudkan proses rekruitmen yang: 
1. Profesional
2. Transparan.
3. Bebas KKN
4. Cepat, tepat, akurat, akuntabel
5. Mudah diakses
6. Informatif
Sejalan dengan pemikiran tersebut, proses rekruitmen tidak boleh lagi menjadi ajang bancakan para panitia maupun petugas-petugas yang menjadi broker . Meyakinkan kepada masyarakat ini juga hal penting dan mendasar agar masyarakat tidak ragu atau takut mendaftar. Dan polisipun tidak kehilangan momentum untuk mendapatkan SDM yang terbaik dari yang baik.
Proses rekruitmen dikriteriakan untuk Tingkat dasar (pembentukan) yang diperuntukan bagi : Brigadir Polisi yang akan dididik di SPN (Sekolah Polisi Negara), dan bagi perwira yang didik di akademi kepolisian. Bagi Taruna Akpol maupun siswa Inspektur Polisi Sumber Sarja (pembentukan polisi sumber sarjana). Rekruitmen merupakan momentum penting untk mendapatkan SDM yg terbaik (memenuhi standar O2H) . Yang merupakan penyiapan bagi para petugas polisi sebagai : penjaga kehidupan,pembangun peradaban, dan pejuang kemanusiaan.
Cara Daftar Online Polri
Tata Cara Registrasi
  • Membuka website www.penerimaan.polri.go.id setelah website terbuka peserta memilih menu registrasi.
  • Selanjutnya klik pilihan untuk "Penerimaan Taruna/i Akademi Kepolisian" atau "Penerimaan Inspektur Polisi Sumber Sarjana" atau "Penerimaan Brigadir Polisi" setelah terbuka isikan form registrasi secara lengkap dan benar (tidak dipalsu/sesuai dengan dokumen yang dimiliki peserta.
  • Setelah mengisi data, peserta agar memasukkan kode verifikasi sesuai gambar yang muncul pada kolom registrasi
  • Selanjutnya memasukkan password sesuai pilihan peserta (minimal 4 huruf/karakter) selanjutnya klik tombol DAFTAR
  • Maka akan muncul pesan informasi, selamat anda sudah mengisi form registrasi dengan benar, nomor registrasi ini harap disimpan dengan baik dan selanjutnya untuk penukaran nomor registrasi menjadi nomor ujian paling lambat ... (sesuai dengan yang tercantum pada form registrasi) Untuk informasi lebih lanjut harap melihat pengumuman di masing-masing Polda/Polres. Jika hilang dapat menghubungi Polda masing-masing.
  • Berdasarkan hasil registasi diatas peserta datang ke Polda atau Polres/Pabanrim sesuai form registrasi dengan membawa persyaratan lengkap dan menunjukkan nomor registrasi kepada panitia daerah.
  • Anda dapat mendownload tata cara registrasi. Klik link ini
Pendaftaran Online SIPSS 2014
Giat Tingkat Polda (2014)
  • 1 Mar - 10 Mar Daftar & Rikmin Awal 
  • 12 Mar - 14 Mar Rik Kesehatan I
  • 15 Mar Rik Psikologi
  • 17 Mar - 18 Mar Rik Kesehatan II
  • 23 Mar Rik Min Akhir
  • 24 Mar Sidang Kelulusan Panda
Giat Tingkat Pusat (2014)
  • 30 Mar - 1 Apr Rikmin & Rikkes 
  • 3 Apr Uji Jasmani 
  • 5 Apr Wawancara Psikologi 
  • 7 Apr Uji Akademik 
  • 11 Apr Buka Pendidikan