KOPASSUS PASUKAN TERBAIK KETIGA DUNIA

Kopassus Pasukan Terbaik Ketiga Dunia – Indonesia mesti berbangga karena mempunyai pasukan tentara terbaik tingkat ke-3 dunia setelah pasukan SAS Inggris dan MOSSAD Israel.
Meskipun pasukan Kopassus sempat tercoreng namanya tatkala terjadi gerakan reformasi 1998 atau pemaksulan Soeharto kala itu. Pasukan Kopassus teridikasi ingin mempertahankan Soeharto, sehingga timbul pelanggaran HAM yang disangkakan kepada pasukan elit TNI ini.
Pasukan Kopassus tidak terlalu mengandalkan teknologi canggih dan skill di atas rata – rata pasukan Elit luar negeri lainnya. Itu pula yang menimbulkan anggapan 1 prajurit KOPASSUS setara dengan 5 prajurit reguler !

Mungkin karena itu pula kenapa sekitar Tahun 90-an Amerika Serikat keberatan dan Australia ketakutan ketika Indonesia akan memperbesar jumlah anggota Kopassus.
Inilah prestasi Kopassus :
  • Kopassus juga juara satu sniper dalam pertemuan Pasukan Elite Asia Pasific Desember 2006. Dengan hanya mengandalkan senjata buatan Pindad!.  Nomor 2-nya SAS.
  • Kopassus menempati urutan 2 (dari 35) dalam hal keberhasilan dan kesuksesan operasi militer (intelijen – pergerakan – penyusupan – penindakan) pada pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment and Assault di Wina Austria. Nomor satunya Delta Force USA.
  • Negara-negara Afrika Utara hingga barat sekarang memiliki acuan teknik pembentukan dan pelatihan pasukan elite mereka. 80% pelatih mereka dari perwira-perwira Kopassus.
  • Pasukan Paspampres Kamboja adalah pasukan Elit yang di latih oleh Kopassus.
  • Pada perang Vietnam , para tentara Vietkong meniru strategy KOPASSUS dalam berperang melawan Amerika Serikat yang mengakibatkan kekalahan Pasukan Amerika yang mempunyai persenjatan canggih dan lengkap. Kekalahan ini membuat Amerika Serikat malu di mata dunia.[am]