Hubungan Perang Dunia I Dengan Perkembangan IPTEK

Hubungan Perang Dunia I Dengan Perkembangan IPTEK – Perkembangan IPTEK telah membawa perubahan besar dalam kehidupan masyarakat dunia. Perubahan itu antara lain:
BIDANG POLITIK
Perubahan dibidang politik antara lain munculnyaberbagai paham yang dianut oleh negara-negara eropa seperti:
  • Nasionalisme: paham yang menciftakan dan mempertahankan sebuah negara atau rasa cinta tanah air.
  • Demokrasi: pemerintahan rakyat, demokrasi berasal dari kata demos dan kratos (bahasa Yunani), demos: rakyat, dan kratos; kekuasaan.
  • Liberalisme: paham yang menghendaki akan adanya kebebasan bagi individu.
  • Sosialisme: paham yang menghendaki terjadinya keadilan sosial dengan mengutamakan kepentingan bersama dibanding kepentingan individu.
Perbedaan paham itu menyebabkan munculnya persaingan dalam bidang politik sehingga negara-negara yang menganut paham yang sama akan membentuk suatu persekutuan.
BIDANG EKONOMI
Kemajuan IPTEK memudahkan masyarakat dalam melakukan aktifitas ekonominya. Dibalik itu muncul suatu ketimpangan atau perbedaan yang memunculkan politik imperialisme dan kolonialisme.
  • Imperialisme: kebijakan suatu negara yang kuat untuk menciftakan suatu kekuasaan yang luas (imperial) ke beberapa wilayah tertentu di luar negaranya.
  • Kolonialisme: suatu negara yang kuat membentuk koloni di luar negaranya dengan cara menjajah denganmenggunakan kekuatan politik dan militernya.

BIDANG SOSIAL
Kemajuan di bidang IPTEK memepengaruhi kehidupan sosial masyarakat., karena status dari warga masyarakat tidak didasarkan pada maslah keturunan lagi, melainkan didasarkan pada skill atau keahlian serta tingkat ilmu pengetahuan yang telah dimiliki.
BIDANG BUDAYA
Kemajuan IPTEK telah dapat meningkatkan perkembangan budaya masyarakat yang disesuaikan dengan urgensi kehidupan kekinian.[ki]