DOKURITSU JUMBI INKAI

Dokuritsu Jumbi Inkai – Dari materi sebelumnya, kali ini saya akan membahas tentang Dokuritsu Jumbi Inkai  atau Panitia persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Setelah dianggap telah selesai menjalankan tugasnya BPUPKI dibubarkan dan sebagai gantinya dibentuk PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau Dokuritsu Junbi Inkai pada tanggal 7 Agustus 1945. Ketuanya adalah Ir.Sukarno, dengan Moh. Hatta sebagai wakil ketua dan Ahmad Subardjo sebagai penasehat. Anggotanya terdiri atas 18 orang, 12 wakil dari jawa, 3 wakil dari Sumatra, 2 wakil dari peranakan Cina dan tanpa sepengetahuan Jepang anggota PPKI ditambah. 
Jepang yang kedudukannya kian terdesak oleh Sekutu akhirnya memanggil beberapa tokoh pergerakan nasional Indonesia. Tokoh-tokoh yang dipanggil itu adalah Ir.Sukarno dan Moh.Hatta, keduanya bertolak ke Dalat (Vietnam) dari tanggal 9 -14 Agustus 1945. Jenderal Terauchi selaku panglima besar tentara Jepang di Asia Tenggara kemudian memberitahukan keputusan pemerintah Jepang yang antara lain:

  • Jepang menjanjikan kemeerdekaan Indonesia
  • Pembentukan PPKI 
  • Penentuan wilayah Indonesia yang meliputi bekas jajahan Hindia Belanda.
Kumpulan Artikel Sejarah