• Subscribe via RSS

Dampak Globalisasi Di Berbagai Bidang

Dampak Globalisasi di Berbagai Bidang – Sebelum membahas dampak negatif Globalisasi, maka alangkah baiknya kalau kita membahas terlebih dahulu definisi globalisasi. Dampak negatif globalisasi. Menurut wikipedia, globalisasi belum mempunyai definisi tetap dan mapan, globalisasi hanya merujuk pada  definisi kerja (working definition), artinya pengertian globalisasi bisa jadi sangat luas kajiannya, tergantung bagaimana pengguna menempatkan.
Dampak negatif globalisasi. Ada sebagian yang berpendapat bahwa globalisasi merupakan proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara berada dalam ikatan yang semakin kuat  untuk mewujudkan sebuah tatanan kehidupan baru atau kita bisa mengatikan kesatuan ko-eksistensi yang nantinya akan menghapus batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Pengertian ini didukung oleh pihak yang mendukung terjadinya sebuah evolusi sosial ekonomi dan budaya. Dari beberapa bayangan tentang pengertian globalisasi diatas, maka disini akan coba ditarik suatu kesimpulan dari pengertian globalisasi. Globalisasi adalah era dimana baik budaya, barang dan laini-lain, secara global memasuki seluruh sekat-sekat geografis dan menyebar ke seluruh sendi-sendi masyarakat sedunia.
Adapun dampak negatif globalisasi, adalah sebagai berikut:
  • Dari globalisasi aspek ekonomi, hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc Donald, Coca Cola, Pizza Hut,dll.) membanjiri di Indonesia. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia.
  • Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi Pancasila ke ideologi liberalisme. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang
  • Masyarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat.
  • Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antarperilaku sesama warga. Dengan adanya individualisme maka orang tidak akan peduli dengan kehidupan bangsa.
  • Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin, karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi. Hal tersebut dapat menimbulkan pertentangan antara yang kaya dan miskin yang dapat mengganggu kehidupan nasional bangsa.

Dampak Positif Globalisasi
Dengan adanya interaksi antara negara yang bebas membuat kita bisa melakukan ekspor produk unggulan dalam negeri ke pasar internasinonal. Itu membuat peluang bagi pengusaha indonesia untuk menciptakan produk yang berkualitas dan bersaing dengan produk di luar negeri. Semakin banyak produk dalam negeri yang dimintai pasar internasional membuat perkembangan bangsa kita menjadi naik
Memudahkan investasi bagi pengusaha luar negeri ke Indonesia. Sehingga membantu Indonesia dalam mengembangkan usaha atau mendirikan pabrik sehingga bisa membuka lapangan kerja dan membantu masyarakat.
Dengan globalisasi kita lebih mudah mendapatkan barang barang yang tidak bisa di dapat di Indonesia.  Dan bisa mengembangkan promosi pariwisata dan bisa mendapatkan turis dari mancanegara sehingga menambah devisa negara. Selain itu dampak positif globalisasi juga membuat orang mudah untuk mencari informasi, mudah berkomunikasi, mudah memenuhi kebutuhan, bersaing dalam hal positif untuk mendapatkan produk yang terbaik.

Dampak Globalisasi Dalam Bidang Politik
Adanya kesepakatan global yang berupa lembaga seperti PBB, ILO, UNICEF dll. Itu membuat negara tidak bisa berdaulat dengan sendirinya, tetapi harus mengikuti aturan yang sudah disepakati. Masuknya budaya internasional yang mempengaruhi politik dalam negeri, seperti terjadinya unjuk rasa, timbulnya rasisme, fanatisme, munculnya golongan yang mementingkan partai untuk kepentingan diri sendiri. Politik Liberalisme yang terjadi di dunia internasional bisa mempengaruhi dunia politik dalam negeri seperti terjadinya pengkubuan atau kelompok kelompok yang saling bertentangan.[ki]

Description: Dampak Globalisasi Di Berbagai Bidang Rating: 5.0 Reviewer: Amir Al-Maruzy ItemReviewed: Dampak Globalisasi Di Berbagai Bidang
Komentar Anda Adalah Sumbangsih Yang Tak Ternilai Untuk Kata Ilmu
previous previous