Cara Tepat Agar Konsen Belajar

Cara Tepat Agar Konsen Belajar – sebagai seorang siswa/pelajar, belajar adalah pekerjaan utama, entahkan itu belajar di rumah, di sekolah atau di alam. Dalam hal belajar, kadang kita berada di titik jenuh. Atau tidak semangat belajar. Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin share sedikit tips tentang cara tepat agar konsen belajar, khususnya belajar di rumah.
  • Konsetrasi. Dalam hal belajar diperlukan sikap konsentrasi atau pikiran ditujukan pada satu jalur, yakni pada belajar itu sendiri. Jangan berpikiran macam-macam, misalnya kapan yach saya jalan sama si Shinta, kenapa saya yach ditolak sama si Ani.
  • Buat suasana belajar yang menarik. Macam-macam tipe seseoran dalam belajar, misalnya ada seseorang yang suka belajar sambil menyetel tentunya dengan volume rendah, lagu-lagu melangkolis atau lagu-lagu yang nyaman dan menenangkan gitu. Tapi ada juga yang bisa konsen belajar bila dalam keadaan sunyi (sesunyi kuburan :D).
  • Belajarlah secukupnya. Belajar secukupnya dalam artian jangan terlalu lama belajar, minimal 1 – 2 jamlah perhari belajar. Kan ada pepatah yang mengatakan banyak belajar banyak dilupa, sedikit belajar sedikit dilupa, tidak belajar tidak ada di ingat.
  • Jangan pilih kasih sama mata pelajaran tertentu. Biasanya (pengalaman neh) seorang siswa hanya senang pada mata pelajaran tertentu. Tentu saja itu salah, sebagai siswa yang baik, semua mata pelajaran harus di suka, apapun yang terjadi, jangan membeda-bedakan mata pelajaran tersebut.
  • Belajar dan teruslah belajar secara berkala dan teratur atau dinamis. Karena berhubung Anda adalah siswa, maka tanamkan dalam hati Anda bahwa tugas utama Anda saat ini adalah belajar, dengan belajar anda dapat gaji (tentunya gaji itu adalah uang ajajan dari ortu Anda atau beasiswa dari  sekolah Anda). Jadikan belajar itu adalah profesi anda yang mesti atau wajib dilaksanakan.
Okk..itulah sedikit tips saya tentang cara tepat agar konsen belajar. Mudah-mudahan postingan saya kali ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.[ki]