BANGSA PRIMITIF DI INDONESIA


Bangsa Primitif di Indonesia – sebelum gank bangsa melayu memasuki Indonesia sebenarnya telah ada kelompok-kelompok manusia yang lebih dahulu tinggal diwilayah tersebut. Mereka termasuk bangsa primitif dengan budayanya yang masih sangat sederhana. Mereka termasuk bangsa primitif adalah sebagai berikut:
Manusia Pleistosen (Purba)
Kehidupan manusia purba selalu nomaden dengan kemampuan yang terbatas. Demikian pula budayanya sehingga corak kehidupan manusia purba ini tidak dapat diikuti kembali kecuali beberapa aspek saja, umpamanya tehnologinya yang masih amat sederhana (teknologi palaeolitik).
Suku Weddoid
Sisa-sisa wessoid sampai sekarang ada, umpamanya suku Sakai di Siak dan Suku Kubu di jambi dan Palembang. Mereka hidup meramu dan berkebudayaan sederhana. Mereka juga sulit sekali menyesuaikan diri dengan masyarakat modern.
Suku Negroid
Di Indonesia sudah tidak terdapat lagi sisa-sisa kehidupan suku negroid. Akan tetapi, di pedalaman malaysia dan Filipina keturunan suku negroid masih ada. Suku yang termasuk ras negroid, misalnya suku Semang di Semenanjung Malaysia dan suku Negrito di Filipina. Mereka akhirnya terdesak oleh orang-orang melayu modern sehingga hanya menempati daerah pedalaman yang terisolasi.***