WISATA AIR PANAS DI PENCONG KABUPATEN GOWA

Air Panas Pencong Tempat pemandian air panas di desa pencong Kab. Gowa ini belum terlalu dikenal luas masyarakat, walau demikian masyarakat seputar Gowa,Takalar dan Jeneponto sudah sangat sering berkunjung ke sumber air panas ini hanya sekedar berendam di kolam yang memang disediakan oleh pemerintah setempat. Selain berada di daerah terpencil yang belum terlalu terpromosikan, sumber air panas di Kec. Biringbulu ini cukup menjanjikan untuk dinikmati.

Bahkan bisa menjadi sumber PAD yang dapat mendongkrak perekonomian pemerintah setempat dan membantu ekonomi masyarakat sekitar obyek, jika kedepannya obyek ini dikembangkan secara apik seperti permandian air panas di Cipanas,Jawa Barat yang menyediakan berbagai permainan sebagai daya tarik wisatawan berkunjung ke obyek tersebut. Potensi sumber air panas Pencong yang memiliki luas sekitar 2 hektar ini, menurut Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Gowa, Andi Rimba Alam Pangerang tak kalah menariknya dengan permandian air panas yang terdapat di tempat lain di Sulsel. Selain pemandangan pegunungan dan hutan yang masih sangat asri, hawa di permandian Pencong juga sangat sejuk, ditambah lagi dengan keindahan pematang sawah yang dilalui saat akan menuju permandian menamba ke-elokan permandian air panas Pencong. Fasilitas yang dapat Anda temukan di tempat ini selain dua kolam renang untuk berendam, tersedia juga tempat parkir yang luas, gazebo, kram air panas, dan wc umum. J
arak tempuh dari Makassar menuju lokasi 75 kilo atau sekitar 2 jam sudah tiba di obyek wisata permandian air panas Pencong. Dan memasuki tempat ini Anda akan dikenakan retribusi Rp2000 umum, untuk selanjutnya menuju ke obyek dengan menuruni anak tangga sekitar 100 meter. Kelelahan sehabis menuruni anak tangga, akan terasa hilang saat Anda tiba di lokasi dan melepas lelah dengan langsung berendam di kolam air panas yang kono juga dipercaya masyarakat setempat dapat menyembukan berbagai penyakit termasuk penyakit kulit, karena air panas ini merupakan air panas yang bersumber langsung dari perut bumi. 
Lanjut Rimba Alam, saat ini pemerintah memproritaskan akses jalan ke lokasi guna memudahkan masyarakat yang ingin berkunjung ke obyek, sehingga kalau akses menuju lokasi telah rampung dan dapat digunakan masyarakat, barulah tahap berikutnya yakni pembenahan total, penyedian berbagai sarana dilokasi permandian akan dilakukan secara berkesinambungan, dan wisatawan bisa membawa keluarga mereka berliburan ke objek wisata permandian air panas Pencong. yuL In Box : Andi Rimba Alam Pangerang Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Gowa ”Kesejukan permandian Air panas Pencong memiliki keasrihan khas, yang belum tentu dimiliki permandian air panas yang ada di kota lain. Ini karena khasiat air panas Pencong,benar-benar asli berasal dari perut bumi (dari berbagai sumber)