SEJARAH TELEPON


SEJARAH TELEPON – Alat komunikasi telepon baik telpon rumah maupun telepon seluler, kita akan teringat kepada sebuah nama Alexander Graham Bell, beliaulah yang berjasa besar menciftakan alat komunikasi yang sedang booming pada abad ini. Bell menciftakan sebuah penerima telepon dan pemancar yang modelnya berupa sebuah piringan hitam tipis yang dipasang di depan elektromagnet. Tanggal 14 Februari 1876 beliau kemudian mematenkan hasil ciftaannya ini.



Indonesia sendiri menikmati alat komunikasi ini lewat bantuan pemerintah kolonian Belanda. Pada tanggal 16 Oktober 1882 jaringan telepon pertama di pakai di Indonesia. Jaringan telepon pertama Indonesia ini menghubungkan gambir dan Tanjung Priok, dan berangsur-angsur jaringan telepon mulai dibangun di Semarang dan surabaya sampai kota-kota besar lainnya di wilayah Indonesia.




Evolusi alat komunikasi telepon terus bergulir, kongkretnya berbagai model perangkat telepon ini terus di modifikasi, agar semakin simple dan flexibel digunakan. Dan akhirnya tahap evolusi per-telepon-nan mencapai puncaknya setelah ditemukannya telepon seluler (Ponsel) atau biasa juga disebut handpone atau telepon genggam.




Dan sampai hari detik ini alat komunikasi ini telepon terutama telepon seluler semakin canggih, karena alat ini tidak hanya sebatas sebagai alat komunikasi sebagaimana fungsi awalnya. Tapi kini telepon seluler bertabur ribuan fitur yang siap memanjakan kita.


Akhirnya kita mesti berterima kasih kepada tokoh besar kita Alexander Graham Bell yang telah menciftakan alat komunikasi Telepon ini sebagai alat untuk memudahkan umat manusia berkomunikasi dengan sesamanya di seluruh sudut jaga raya ini.***