MICROSOFT BLOGGERSHIP 2011: MENUANGKAN IDE SEJARAH DALAM TEHNOLOGI DUNIA MAYA

Microsoft Bloggership 2011: Menuangkan Ide Sejarah Dalam Tehnologi Dunia Maya - Sejak mengenal blog, sejak saat itu saya jatuh cinta kepada dunia maya ini, seiring dengan berubahnya zaman kepada zaman yang serba bertehnologi, maka menjadi blogger adalah hal yang “wajib” bagi saya, betapa tidak lewat dunia blogger atau dunia maya, kita bisa beramal atau berkontribusi untuk sebuah ide.


SUMBER GAMBAR DARI GOOGLE PICTURE

Kebetulan saya adalah staff pengajar di sebuah SMA di kabupaten Maros dengan bidang studi Sejarah. Dalam mengajar sejarah itu, kita mesti mengupdate pengetahuan kita tentang Sejarah, sebab teori-teori sejarah kadang berubah disebabkan oleh adanya data/fakta baru tentang sesuatu kejadian sejarah dan juga bantahan dari teori yang sudah ada.
Salah satu untuk mengetahui data/fakta baru tentang sejarah adalah mengetahuinya lewat dunia maya (tetapi tetap seleksi dalam menyeleksi konsumsi-konsumsi tentang data/fakta baru tersebut). Bukankah dalam metodologi sejarah itu ada 4 tahapan dalam penelitian sejarah?. Dari keempat metodologi sejarah itu, kita juga bisa menggunakannya dalam menyeleksi data/fakta sejarah dalam dunia nmaya.
Ke-empat tahapan sejarah tersebut adalah:

  1. Heuristik (menemukan) didunia maya kita beburu tentang data/fakta sejarah tersebut, dalam hal proses pencarian data didunia maya mirip-mirip dengan mencari data didunia nyata, kita bisa hunting data itu di situs-situs yang bertema sejarah diseluruh jagad maya.
  2. Kritik sumber, nah setelah kita mendapatkan data dari situs-situs yang bertema sejarah, kita kemudian memfungsikan kritik sejarah, baik kritik internal maupun kritik external,
  3. Interpretasi, setelah kita melakukan tahap kritik atau penyeleksian kita harus menginterpretasikannya atau dalam artian sederhana mengartikannya kemudian menghubung-hubungkannya secara kronologi (urutan waktu terjadinya peristiwa fakta tersebut)
  4. Tahap terakhir adalah Historiografi atau memposting sejarah tersebut dalam blog kita.


Nah itulah metode saya dalam menuliskan fakta-fakta sejarah dalam blog saya. Dan postingan-postingan ini berguna bagi para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum yang berminat mempelajari sejarah. Dan saya sangat berbangga dapat memberikan kontribusi meskipun sederhana dalam bidang pengetahuan sejarah. Disamping itu kontribusi tehnologi blog ini bagi diri saya sendiri disamping mendapatkan kepuasan dalam bathin saya karena berkontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pendidikan sejarah. Saya juga mencoba memonetize blog saya dengan bekerjasama dengan jaringan blogger (saat ini saya bekerjasama denganIdblognetwork.com) dalam menghasilakan uang di blog saya. Saya akui disini, dalam mengelola blog saya juga butuh yang namanya uang. Karena zaman yang serba instat sekarang harus dibarengi dengan adanya modal, misalnya sekedar membayar/membeli pulsa untuk modem dan dalam aturan yang tak tettulis dalam dunia blogger, memonetize blog adalah sah-sah saja.
Jadi dapat disimpulkan kontribusi saya dalam tehnologi dunia maya antara lain:

  • Untuk diri sendiri: memberikan kepuasan bathin karena dapat berkontribusi dalam ilmu pengetetahuan khususnya pengetahuan tentang sejarah serta dapat menghasilkan uang untuk keperluan saya dalam mengelola blog;
  • Untuk masyarakat; memberikan sumbangan pemikiran nyata dalam mengembangkan ilmu pengetahuian khususnya pemgetahuan tentang sejarah;
  • Untuk negara tercinta, Indonesia: dapat menunjukkan kepada dunia, bahwa orang Indonesia juga bisa berkompetisi dalam tehnologi dunia maya.


Demikianlah postingan saya tentang tehnologi dunia maya, kontribusi bagi diri sendiri, masyarakat dan negara tercinta. Postingan saya ini mungkin agak narsis, namun bukan karena ingin menunjjukkan diri sebagai blogger narsis (saya belum punya apa-apa, karena saya masih baru dalam dunia maya), namun semata-mata ingin menunjukkan kepada dunia maya, bahwa saya orang Indonesia, juga bisa. Dan kepada blogger Indonesia saya mengajak untuk senantiasa menulis dan menulis dalam dunia maya, apapun itu temanya, karena saya yakin tulisan atau postingan itu bermanfaat bagi masyarakat dan negara kita tercinta,Indonesia.***