APA ITU WIKILEAKS

Apa Itu Wikileaks - Saya sempat bertanya dalam hati apa itu Wikileaks? Setelah menelusuri berita tentang wikileaks baik didunia maya maupun di media nyata (koran dan TV), ternyata wikileaks adalah situs para hacker yang tangguh, bayangkan saja, wikileaks mampu membuka 250 ribu dokumen kawat diplomatik rahasia milik Kemenlu Usa akhir November lalu. Pembeberan  dokumen rahasia membuat pemerintah USA kebakaran jenggot. Pihak berwenang akhirnya menangkap pendiri Wikileaks Julian Paul Assange.


Ternyata bukan kali ini saja Wikileaks beraksi, sebelumnya Wikileaks juga pernah mengungkap 400 ribu dokumen rahasia mengenai rahasia perang Irak.
Inilah  10 kasus heboh yang  diperbuat situs ini (dikutip dari Tempo Interaktif), ke-10 kasus tersebut sebagai berikut:
Serangan Helikopter Apache di Irak
WikiLeaks mempublikasikan cuplikan video yang menampilkan 15 orang termasuk dua wartawan Reuters ditembak mati oleh sebuah juru tembak di sebuah helikopter Apache milik Angkatan Darat Amerika Serikat Gambar video yang diambil dari kamera senapan di helikopter tersebut mengguncangkan dunia. Dalam tayangan video tersebut, kru helikopter terdengar tertawa sambil menghujat korban tertembak dan mengatakan "bakar mereka!" serta "tembak terus, tembak terus".

Militer Amerika Serikat menolak memberikan sanksi disiplin kepada kru helikopter tersebut. Mereka menilai "ada para pemberontak dan reporter di kawasan tempat pasukan Amerika Serikat diserbu. Saat itu, kami tidak bisa mendeteksi apakah (wartawan Reuters) membawa kamera atau senjata."
Saudara dari salah satu wartawan Reuters yang tewas menyangsikan itu. "Pertanyaan saya adalah bagaimana mungkin pilot Amerika yang sangat terlatih dengan informasi teknologi tingkat tinggi tidak bisa membedakan antara kamera dan pelontar roket," ujar saudara wartawan Reuters tersebut.
Prosedur Operasi Guantanamo Bay
Prosedur Standar Operasi untuk Camp Delta, panduan para tentara untuk menangani tahanan di Camp Delta, dirilis WikiLeaks pada 2007. Kelompok pejuang hak asasi manusia mengkritik panduan resmi tersebut. Pasalnya, panduan itu menyebutkan tahanan tidak bisa mendapat akses ke Palang Merah sampai lebih dari empat pekan.  Salah satu aturan dalam prosedur yang dikritik juga adalah hadiah khusus bagi tahanan. Dalam peraturan tersebut, tahanan yang berlaku baik dan bisa bekerja sama bisa mendapat hadiah khusus: satu bungkus kertas toilet.
Kitab Suci Scientology
Pada 2008, WikiLeaks membeberkan 'kompilasi kitab suci Scientology' termasuk praktek-praktek kontroversial di Gereja.  Pengacara dari Church of Scientology mencoba mendesak WikiLeaks untuk mencabut informasi tersebut. Namun, WikiLeaks menolaknya.

Surat Elektronik Unit Penelitian Iklim
Lebih dari 1.000 surat elektronik dikirim dalam 10 tahun oleh staf di Unit Penelitian Iklim dari University of East Anglia dipublikasikan WikiLeaks setelah diakses seorang peretas. Surat elektronik tersebut menunjukkan para ilmuwan terlibat dalam rekayasa untuk mendukung argumen bahwa pemanasan global adalah nyata dan buatan manusia. Laporan tersebut dinilai sebagai skandal ilmiah terburuk dalam generasi tersebut. Akibat kasus tersebut, Kepala CRU Profesor Phil Jones mundur. Namun, karena penelitian menyebutkan Jones tidak terkait kasus itu, Jones akhirnya diangkat lagi.
Daftar Hitam Internet di Australia

Tahun lalu, ketika pemerintah Australia merancang "dinding api besar Australia" agar pengguna internet di negeri mereka tidak bisa melihat situs yang dianggap tidak cocok menurut pemerintah. WikiLeaks mendapatkan daftar tersebut. WikiLeaks pun mempublikasikannya meski ada peringatan dari Profesor Bjorn Landfelds dari University Sydney yang terlibat membuat daftar tersebut. Landfelds mewanti-wanti daftar tersebut "berisi ensiklopedia ringkas dari materi yang berpotensi sangat berbahaya" dan "mimpi buruk terburuk yang mengkhawatirkan para orang tua".
Ternyata, item dalam daftar tersebut tidak mengandung pornografi anak atau semacamnya. Beberapa yang termasuk daftar tersebut adalah video-video YouTube, materi Wikipedia, situs agama pinggiran, bahkan situs agen perjalanan.
Laporan Trafigura Minton
Pada 2009, internet dihebohkan upaya perusahaan perdagangan minyak Trafigura untuk menghalangi publikasi studi internal mengenai dampak kesehatan terhadap pembuangan limbah di Afrika. Rancangan laporan yang ditulis konsultan ilmuwan John Minton menyebutkan proses kimiawi Trafigura yang digunakan untuk membersihkan limbah bahan bakar minyak ternyata dilakukan secara amatir dan meninggalkan kandungan sulfur yang berbahaya. Kandungan tersebut dikabarkan bisa membuat luka bakar yang parah di kulit dan lambung, diare, muntah-muntah, pingsan, dan kematian bagi orang. The Guardian memperoleh laporan tersebut, tetapi Trafigura mengajukan surat kabar tersebut ke pengadilan. Namun, WikiLeaks juga mendapatkan laporan itu. Dan dalam waktu hitungan jam, informasi yang tidak boleh dilansir The Guardian akhirnya tersebar lewat Twitter.
Keanggotaan BNP
Nama, alamat, dan pekerjaan 13.500 anggota British National Party yang beraliran kanan dirilis WikiLeaks pada 2008. Daftar tersebut termasuk beberapa nama polisi, petinggi militer, dokter, dan profesor. Daftar tersebut tersebar setelah petinggi militer memperingatkan bahwa politik BNP tidak sejalan dengan nilai-nilai yang diusung militer Inggris. Salah satu orang yang berada dalam daftar tersebut dipecat setelah diketahui dia merupakan anggota BNP.
Akun Surat Elektronik Sarah Palin
Menjelang Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2008, calon Wakil Presiden Sarah Palin mengalami musibah. Akun surat elektroniknya diretas Anonymous, sebuah kelompok dalam jaringan yang dikenal berseteru dengan Church of Scientology. Dua surat elektronik, daftar kontak Palin, dan beberapa foto keluarga diunggah WikiLeaks.Tim kampanye Palin menilai itu sebagai 'invasi privasi Palin dan pelanggaran hukum yang mengejutkan'. Dalam publikasi yang dilansir WikiLeaks, diketahui bahwa Palin menggunakan akun pribadinya untuk urusan bisnis resmi. Diduga itu dilakukan untuk mencegah pengungkapan kegiatan tersebut berdasarkan undang-undang catatan publik.
Data Pager 9/11
Lebih dari 500 ribu pesan pager yang dikirim Amerika Serikat pada serangan 11 September dipublikasikan WikiLeaks pada November 2009. Beberapa pesan tersebut berasal dari petugas federal dan pejabat lokal. Publikasi tersebut memicu debat apakah itu masuk kepentingan publik. Sebab, pesan-pesan itu mengungkapkan sesuatu yang bersifat pribadi seperti "saya baik-baik saja, saya cinta kamu.....". Juru bicara WikiLeaks berdalih pesan tersebut memperlihatkan gambaran penuh mengenai apa yang terjadi hari itu. 
Dokumen Cara Mengecah Data Dibocorkan WikiLeaks
Militer Inggris mengeluarkan panduan untuk mencegah WikiLeaks membocorkan dokumen-dokumen resmi mereka tahun lalu. Dalam dokumen tersebut wartawan dianggap sebagai ancaman kepada keamanan. Beberapa pihak yang dianggap bisa membocorkan informasi rahasia adalah intelijen asing, penjahat, kelompok teroris, dan staf yang tidak puas. Sebuah dokumen milik Pentagon juga menyebutkan WikiLeaks sebagai ancaman bagi keamanan nasional. Dokumen tersebut bocor dan didapatkan WikiLeaks.***