4 PENYEBAB TURUNNYA KEPERCAYAAN PUBLIK VERSI SBY

4 Penyebab Turunnya Kepercayaan Publik versi SBY - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengakui kepercayaan publik terhadap penegak hukum akhir-akhir kian menurun. Hal itu terpantau dari berbagai survei yang diikuti oleh SBY.


"Terhadap ini semua kalau saya ikuti, sebagian besar benar dan diperlukan. Itu sebagai social control. Jadi bukan asal tembak, asal serang. Memang sebagian mengandung kebenaran dan memang diperlukan," kata SBY saat membuka Rapat Kerja Kejaksaan RI Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Senin (13/12/2010).
Menurut SBY, penyebab dari menurunnya kepercayaan publik terhadap dunia hukum ada empat. Adanya sorotan yang tajam terhadap penegakan hukum, tatanan hukum serta perangkat hukum dan masih terjadinya korupsi.

Lalu, terjadinya kejahatan dan penyimpangan yang dilakukan oleh para penegak hukum di wilayah mana pun dan serangan publik dan serangan pers itu sering keras dan berlangsung secara sistematis terhadap para penegak hukum.

Padahal, menurutnya, tidak semua informasi yang didapatkan oleh masyarakat itu benar. Akhirnya persepsi masyarakat makin apatis terhadap penegakan hukum.

"Itu dikonsumsi oleh masyarakat kita dari hari ke hari, ditambah para penegak hukum sendiri kurang efektif di dalam berkomunikasi dengan publik," ujar SBY.

Namun demikian, SBY bisa memahami penurunan kepercayaan publik terhadap kinerja para penegak hukum ini. Para penegak hukum pun diminta untuk introspeksi diri.

"Saya bisa memahami ada penurunan kepercayaan publik terhadap dunia penegakan hukum yang dilaksanakan di negeri kita," tutup SBY.(Detiknews.com)