TEORI-TEORI ASAL-USUL BANGSA INDONESIA

Ø Teori-teori mengenai asal usul bangsa Indonesia:
§  Prof. Dr. Kern berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari Asia, Kern berpendapat bahasa-bahasa yang digunakan di kepulauan Indonesia , Polinesia, Melanesia dan Mikronesia memiliki akar budaya yang sama yakni bahasa Austronesia.
§  Van Heine Geldern berpendapat tidak jauh beda dengan Kern bahwa bahasa Indonesia berasal dari Asia Tengah, teori Geldern ini didukung oleh penemuan artefak yang ditemukan di Indonesia sama dengan artefak yag ditemukan di daratan Asia.
§  Max Muller berpendapat lebih spesifik lagi yakni bangsa Indonesia berasal dari Asia Tenggara, tapi teori Muller ini tidak didukung oleh alasan yang jelas.
§  Willem Smith melihat asal-usul bangsa Indonesia dari penggunaan bahasa oleh orang-orang Indonesia . ia membagi bangsa-bangsa di Asia atas dasar bahasa yang dipakai, yakni bangsa yang berbahasa Togon, bangsa yang berbahasa Jerman dan bangsa yang berbahasa Austria. Lalu bahasa Austria dibagi dua yakni bahasa Austro Asia dan bahasa Austronesia. Bangsa yang berbahasa Austronesia inilah yang mendiami wilayah Indonesia, Melanesia dan Polinesia.
§  Hogen menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Sumatera , bangsa Melayu ini kemudian bercampur dengan bangsa Mongol (Proto Melayu).
§  Drs. Moh. Ali berpendapat tidak jauh beda dengan Hogen  bahwa bangsa Indonesia berasal dari Yunan Cina Selatan.
§  Mens berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari bangsa Mongol yang terdesak oleh bangsa-bangsa yang kuat sehingga mereka terdesak ke selatan termasuk Indonesia.
§  Prof. Dr. Krom berpendapat bahwa masyarakat awal Indonesia berasal dari Cina tengah
§  Mayundar berpendapat bahwa bangsa-bangsa yang berbahasa Austronesia berasal  dari India lalu menyebar ke Indocina lalu menyebar lagi ke Indonesia dan daerah Pasifik
§  Dr. Brandes berpendapat bahwa suku-suku yang bermukim di Indonesia memiliki persamaan dengan  bangsa-bangsa yang bermukim di sebelah utara: Formosa Taiwan, sebelah barat: Pulau Madagaskar, sebelah selatan: Jawa dan Bali, dan sebelah timur hingga kepantai Bata Amerika.
§  Prof. Muhammada Yamin berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri, Ia menyatakan bahwa temuan fosil dan artefak lebih banyak dan lebih lengkap di Indonesia dibanding dengan daerah lainnya di Asia. Misalnya temuan fosil Homo, atau Pithecanthropus Soloensis dan Wajakensis yang tak ditemukan di Asia kecuali di Indonesia.