Sederet Mobil Paling Berbahaya Tahun Ini

Sebuah lembaga nonprofit yang mengurusi keselamatan berkendara di Amerika Serikat, Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), baru-baru ini mengeluarkan daftar kendaraan yang paling berbahaya sepanjang tahun ini.

Dari sejumlah tes tabrakan (crash-test) yang dilakukan IIHS menyatakan, kendaraan sedan kelas bawah paling berisiko fatal saat terjadi kecelakaan. Chevrolet Aveo dan Chrysler PT Cruiser pun dituding sebagai mobil yang memiliki peringkat crash-test terburuk di kelas mereka. Terutama dampak dari benturan samping dan belakang saat kecelakaan.

IIHS memasukkan Chevrolet Aveo dan Chrysler PT Cruiser dalam kelompok Cadillac STS danMercury Grand Marquis sebagai kendaraan yang paling berbahaya tahun 2010.

Dalam crash-test yang menggunakan mobil-mobil model 2010, tim menemukan sedikitnya trauma di 28 titik yang disebabkan benturan depan, dan 37 titik trauma akibat benturan samping pada setiap tes.

Rating terburuk adalah mobil yang menimbulkan trauma terbanyak. Masing-masing titik trauma memperoleh penilaian berdasarkan parameter khusus tergantung daerahnya. 

"Mobil-mobil di daftar kami semua telah melampaui standar keamanan Federal (AS)," kata Russ Rader, juru bicara IIHS seperti dilansir Forbes. "Produsen otomotif benar-benar telah mengambil alih keselamatan." 

Tidak hanya itu, IIHS juga memasukkan Jeep Wrangler dua pintu dan empat pintu pada daftar khusus mereka. Pada crash-test yang dilakukan, Wrangler telah membuat trauma penumpang dari benturan samping. "Bila dibandingkan dengan pesaingnya, Wrangler membuat sakit saat terjadi benturan dengan pintu samping," kata David Zuby, senior vice president of vehicle research IIHS.

Zuby mengatakan, dalam sebuah kecelakaan, kendaraan dengan massa lebih berat akan lebih baik daripada kendaraan kecil. Chevrolet Tahoe dengan berat 5.500 pon (2.750 kg) akan mengalahkan Nissan Micra yang hanya memiliki berat 1.000 pon.

"Ini rekomendasi kami untuk orang-orang akan membeli mobil menengah," kata Zuby.