RPP Sejarah Kelas XI SMA Wajib dan Peminatan Kurikulum 2013

RPP Sejarah Kelas XI SMA Wajib dan Peminatan Kurikulum 2013 Di dalam pembelajaran Kurikulum 2013, peserta didik difasilitasi untuk terlibat secara aktif mengembangkan potensi dirinya menjadi kompetensi. Guru menyediakan pengalaman belajar bagi peserta didik untuk melakukan berbagai kegiatan yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi yang dimiliki mereka menjadi kompetensi yang ditetapkan dalam dokumen kurikulum atau lebih. Pengalaman belajar tersebut semakin lama semakin meningkat menjadi kebiasaan belajar mandiri dan ajeg sebagai salah satu dasar untuk belajar sepanjang hayat, yang tadinya diberi tahu menjadi aktif mencari tahu.
Kurikulum 2013 mengembangkan dua modus proses pembelajaran yaitu proses pembelajaran langsung dan proses pembelajaran tidak langsung. Proses pembelajaran langsung adalah proses pendidikan di mana peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran langsung tersebut peserta didik melakukan kegiatan belajar mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis. Proses pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung atau yang disebut dengan instructional effect.
Pembelajaran tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap. Berbeda dengan pengetahuan tentang nilai dan sikap yang dilakukan dalam proses pembelajaran langsung oleh mata pelajaran tertentu, pengembangan sikap sebagai proses pengembangan moral dan perilaku dilakukan oleh seluruh mata pelajaran dan dalam setiap kegiatan yang terjadi di kelas, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013, semua kegiatan yang terjadi selama belajar di sekolah dan di luar dalam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler terjadi proses pembelajaran untuk mengembangkan moral dan perilaku yang terkait dengan sikap.
Proses pembelajaran terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu:
  • mengamati;
  • menanya;
  • mengumpulkan informasi;
  • mengasosiasi; dan
  • mengkomunikasikan.
RPP Kurikulum 2013 Mapel Sejarah SMA Wajib dan Peminatan:
Untuk Download RPP Peminatan Sejarah Indonesia Kelas XI SMA/MA Klik Tombol Dibawah :

Untuk yang ingin Mendownload Secara Cepat, jangan lupa Pasang Dulu Aplikasi Gratis ini:
Demikianlah artikel mengenai RPP Sejarah Kelas XI SMA Wajib dan Peminatan Kurikulum 2013, semoga artikel ini dapat memberikan infomrasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]
Description: RPP Sejarah Kelas XI SMA Wajib dan Peminatan Kurikulum 2013 Rating: 5.0 Reviewer: Amir Al-Maruzy ItemReviewed: RPP Sejarah Kelas XI SMA Wajib dan Peminatan Kurikulum 2013
Komentar Anda Adalah Sumbangsih Yang Tak Ternilai Untuk Kata Ilmu
previous