PETA ONLINE TERLENGKAP YANG BISA DIAKSES DI PC DAN HP

Google pada Rabu (06/10) secara resmi meluncurkan Google Maps Indonesia, sebuah platform pencarian lokal yang membantu pengguna di Indonesia menemukan informasi geografis lokal-seperti peta online, citra satelit, panduan arah berkendara, alamat dan daftar perusahaan-pada PC dan ponsel mereka. Google Maps versi Indonesia memberi sumber informasi lokal yang lengkap dan mudah digunakan yang meliputi jalan, alamat dan ratusan ribu perusahaan di seluruh Indonesia, yang dapat dipersonalisasi oleh pengguna dengan penambahan content berupa teks, foto dan video.


"Peluncuran Google Maps Indonesia merupakan sebuah langkah maju yang menarik dalam membantu pengguna Indonesia untuk secara cepat dan mudah menemukan informasi lokal yang mereka butuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, di tempat kerja maupun pada saat bepergian," tutur Andrew McGlinchey, Product Manager, Google Southeast Asia, dalam siaran pers yang diterima di meja GDGTGW.com. "Google memfokuskan pada pengorganisasian informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan berguna."
Google Maps for Mobile memperluas kemampuan Google Maps Indonesia ke pengguna ponsel, sehingga masyarakat Indonesia dapat mencari alamat dan menemukan arah ketika sedang bepergian. Google Maps for Mobile juga memiliki sebuah fitur yang disebut My Location.
Fitur tersebut akan menunjukkan lokasi Anda di peta bahkan ketika ponsel tidak memiliki GPS. Peta tersebut juga memadu Anda untuk mencari arah dan daftar perusahaan yang berada di sekitar lokasi keberadaan Anda. Semisal mengetik teks "restoran" di dalam map search box maka akan muncul restoran-restoran terdekat dengan posisi Anda.
Google Maps for Mobile kini tersedia dan dapat diunduh secara gratis dalam beragam ponsel di http://m.google.co.id/maps. Google Maps for Mobile juga sudah terinstal dalam banyak ponsel yang mendukung akses internet seperti handset Android, iPhone dan Blackberry.
Untuk memberikan akses peta online miliknya, Google bekerjasama dengan Telkomsel, menggunakan Google Maps API untuk layanan berbasis-lokasi Telkomsel LACAK yang dapat menampilkan 200.000 point of interest di seluruh tanah air yang disortir berdasarkan 19 kategori lokasi pengguna saat ini. Layanan tersebut saat ini tersedia dalam platform Android dan J2ME, dan akan disusul untuk ponsel iPhone dan Blackberry. Telkomsel juga bekerjasama dengan Google dalam upaya pemasaran untuk mendorong penggunaan Google Maps for Mobile di kalangan 93 juta pelanggannya.
"Kerjasama dengan Google dalam beragam layanan berbasis lokasi dengan kekuatan Google Maps yang dapat diakses oleh 93 juta pelanggan dari beragam perangkat mulai dari ponsel berfitur sederhana hingga ponsel cerdas yang canggih," ujar Ririn Widaryani, Deputy Vice President, Product Lifecycle Management, Telkomsel. "Dengan semakin banyaknya orang Indonesia mengakses Internet bergerak melalui jaringan 3G Telkomsel yang canggih dan harga akses yang terjangkau, Google Maps for Mobile akan diminati oleh pelanggan kami.
Pencarian geografis lokal, informasi dan tool yang ditemukan di Google Maps Indonesia dan di situs web pihak ketiga yang menggunakan Google Maps API gratis terintegrasi secara sempurna ke dalam kehidupan sehari-hari pengguna. Perusahaan lokal seperti Urbanesia memberi kontribusi content sehingga pengguna dapat menemukan pilihan untuk makan, berbelanja dan menikmati kehidupan malam, dan membaca ulasan komunitas untuk tempat-tempat tersebut, semuanya dalam Google Maps.
"Ketika pengguna Indonesia mencari perusahaan, produk dan layanan di Google Maps, mereka akan melihat daftar lebih dari 220,000 perusahaan lokal yang diberikan oleh Urbanesia," kata Selina Limman, pendiri Urbanesia.com. "Daftar tersebut meliputi alamat perusahaan, informasi kontak, dalam banyak kasus ulasan komunitas, dan yang paling penting peta digital tempat perusahaan tersebut berada, dengan arah untuk sampai ke sana. Ini merupakan promosi gratis di Google Maps bagi perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Urbanesia."
Sementara itu, situs LewatMana.com menggunakan Google Maps API untuk menunjukkan kondisi lalu-lintas secara langsung di jalan-jalan di Jakarta, yang disertai straming video lalu-lintas dan lokasi insiden lalu-lintas seperti banjir, penutupan jalan dan kecelakaan. Hendry Soelistyo, pendiri LewatMana.com menyebut, "Menampilkan seluruh informasi ini di peta memberikan gambar situasi lalu-lintas terbaru yang akurat dan sesuai lokasi tertentu kapanpun setiap hari kepada pengguna."
Menurutnya, Google Maps dan Maps API membantu LewatMana untuk memberikan layanan yang lebih akurat, fleksibel, up-to-date, dan interaktif.
"Google Maps memungkinkan pengguna, perusahaan dan pengembang lokal untuk memberi sumbangan informasi mengenai Indonesia, sehingga menjadikannya peta online yang paling kaya konten dan paling relevan di tanah air," kata Derek Callow, Head of Marketing, Google Southeast Asia. "Kerjasama dengan Urbanesia, LewatMana dan Telkomsel merupakan awal yang luar biasa dan di masa depan akan muncul lebih banyak perusahaan Indonesia yang kami ajak untuk meningkatkan kualitas, fitur dan manfaat dari Google Maps versi lokal."
Fitur-fitur kunci yang dapat dinikmati konsumer Indonesia antara lain:

Location Search: Cukup mengetikkan alamat atau nama bangunan akan dengan cepat membawa pengguna Indonesia ke arah yang di inginkan yang ditampilkan di peta atau citra setelit. Misalnya, cari Monumen Nasional, Mangga Dua Mall, bahkan Candi Borobudur, atau alamat rumah atau kantor Anda.

Driving Directions: Pengguna kendaraan bermotor di Indonesia kini dapat menemukan arah menuju dua atau lebih lokasi, serta melakukan perubahan rute dengan cukup mengeklik dan men-drag rute yang diinginkannya. Semisal pencarian untuk "Bandara Soekarno-Hatta" dan mendapat arah menyetir ke "Jalan Kebon Sirih"
Local Business Search: Pengguna Indonesia dapat menemukan perusahaan-perusahaan lokal hanya dengan mengetikkan nama perusahaan atau kategori. Satu daftar perusahaan berikut dengan data lokasi, alamat, nomor telepon dan laman situs web akan ditampilkan, kemudian melihatnya di peta. Misalnya, lakukan pencarian "toko buku" untuk memperoleh perusahaan-perusahaan yang terkait toko buku atau lakukan pencarian "Gunung Agung" untuk melihat berbagai lokasi dan rincian kontak toko buku Gunung Agung. Indeks miliaran halaman Web oleh Google dan kerjasama dengan penyedia data lokal seperti Urbanesia memungkinkan hasil pencarian Maps mencakup data-data relevan seperti gambar, video, ulasan komunitas dan informasi berguna lainnya.
My Maps: Fitur ini memungkinkan pengguna secara cepat dan mudah menciptakan peta yang kaya content berdasarkan minat, keahlian dan kebutuhan personal, mulai dari peta kuliner tentang tempat-tempat makan favorit hingga peta gedung, toko, atau kawasan. Pengguna dapat mempersonalisasi peta dengan menggunakan berbagai pilihan tanda, menambah teks, foto dan video, sekaligus berbagi akses ke publik.
Perusahaan dan pengembang dapat menggunakan fitur-fitur berikut ini: 

Google Places: Dengan fitur ini, perusahaan-perusahaan Indonesia, terutama UKM, berhak mendaftarkan perusahaan mereka di Google Maps. Setiap perusahaan diberi "Halaman Tempat" yang dapat diverifikasi dan dilengkapi informasi bisnis mereka, lalu mendaftarkannya secara gratis di http://www.google.co.id/places .

Maps API: Toolkit gratis ini memungkinkan pengguna memasukkan Google Maps yang interaktif ke dalam website mereka. Peta tersebut dapat dikelola dengan menambah icon lokasi, foto dan "jendela informasi".
Bagi perusahaan-perusahaan Indonesia, Maps API mebantu perusahaan meningkatkan pengalaman pelanggan ketika mereka mengunjungi situs web mereka dan meningkatkan daya tarik situs untuk menciptakan peluang-peluang bisnis baru. Contoh-contoh website lokal yang telah menggunakan Maps API adalah www.lewatmana.com - yang menampilkan informasi kamera lalu-lintas di peta, rumah123.com - yang menampilkan lokasi-lokasi properti untuk dijual atau disewakan, dan www.urbanesia.com - yang memuat ulasan komunitas mengenai perusahaan-perusahaan lokal.
Dengan mendukung program-program komputer yang dibuat khusus untuk berinteraksi dengan sistem Google Maps, Maps API menunjukkan komitmen Google yang terus menerus untuk mendukung dan mendorong inovasi di lingkungan komunitas pengembang. Silakan baca informasi lebih lanjut mengenai Maps API di  http://code.google.com/apis/maps/index.html.
Google Maps Indonesia dapat diakses di http://maps.google.co.id.