MONCONGLOE KOTA BARU


Moncongloe Kabupaten Maros dan Pattalasang Kabupaten Gowa, direncanakan untuk menjadi kota baru. Bahkan ini menjadi salah satu proyek prioritas kawasan Mamminasata. 


Kota baru tersebut merupakan salah satu kantong pemukiman yang diarahkan untuk menampung pertumbuhan penduduk di kawasan metro mamminasata, selain itu kedua daerah itu diarahkan menjadi kota satelit dari Kota Makassar, serta diarahkan untuk menampung jumlah penduduk sebesar 300 ribu jiwa. 



Kedua kecamatan tersebut dipilih karena memiliki posisi dan potensi lahan sangat strategis karena memiliki jarak yang relatif dekat dengan pusat-pusat strategis mamminasata, luas kawasan perencanaan sekitar 3.500 hektare, memiliki kelerengan yang relatif datar antara 0-8 persen, bebas banjir dan sangat cocok sebagai lahan perumahan, memiliki aksesibilitas yang cukup tinggi karena merupakan simpul transportasi regional, dan dilintasi oleh jaringan jalan arteri primer bypass Mamminasata dan arteri sekuncer terusan Jalan Abdullah Daeng Sirua. 

Implementasi di Mamminasata, akan diterapkan konsep Land Readjustment dengan pelibatan masyarakat, misalnya pembentuk koperasi. Pasalnya, koperasi sebut dia merupakan cikal bakal perekonomian di Indonesia. 

Optimalisasi peran pemerintah dalam membangun kawasan Mamminasata sangat diperlukan sebagai kawasan strategis nasional, utamanya dalam membangun infrastruktur utama perkotaan. Dalam membangun kota baru Mamminasata, pemerintah juga perlu menyediakan lahan cadangan melalui land banking bagi pembangunan infrastruktur masa depan. 


Selain kota baru, proyek prioritas Mamminasata lainnya yang dipelajari di Jepang adalah rencana jaringan jalan, studi kelayakan jalan arteri prioritas, center point of Indonesia, jaringan air bersih, pengolahan persampahan, kawasan pendidikan, Go Green Program, juga jaringan drainase dan IPAL. 



Pengembangan kawasan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan JICA. JICA sangat berkepentingan untuk membangun Sulsel, apalagi Sulsel merupakan salah satu daerah importir utama ke Jepang, salah satunya impor seafood dari Sulsel.***