Mobil Terbaik dan Terburuk Tahun Ini

Pabrikan kendaraan pasti akan berusaha semaksimal mungkin agar hasil produksinya sempurna. Baik mesin, desain interior dan eksterior, maupun model.

Namun, sebuah lembaga survei di Amerika Serikat membuat 2009 Annual Auto Survey. Sebuah survei konsumen mengenai model kendaraan terbaik dan terburuk yang ada saat ini. Hasilnya cukup mencengangkan, karena skor kesenjangan dalam satu pabrikan bisa sangat besar.

Sebagai contoh, model terbaik dari Toyota Motor Company yang disurvei adalah Lexus SC. Model yang ini mencapai skors tertinggi kedua dari 300 kendaraan lebih yang dijadikan sampel. 

Toyota juga memproduksi model terburuknya pada Lexus GS (AWD). Skors mobil ini di bawah 10 persen, jauh lebih buruk dari nilai rata-rata.  Mobil ini juga mendapat rekomendasi untuk tidak dibeli dalam survei itu.

"Meskipun benar bahwa model Lexus cenderung dapat diandalkan dan teruji dengan baik, ini tidak berlaku untuk semua kendaraan Lexus." Demikian keterangan hasil survei itu, seperti dikutip dari  ConsumerReports.org, Selasa 3 November 2009.

Kesenjangan yang besar juga dimiliki Volkswagen. VW Golf merupakan salag satu model VW yang jadi andalan. Mobil kecil yang dan terjangkau. Tetapi VW Touareg memiliki skor model terendah pada survei ini. 

Dalam kebanyakan kasus, model terbaik adalah yang direkomendasikan sejumlah pihak, sedangkan yang terburuk tidak. 

Hanya Honda yang tidak memiliki kesenjangan produk yang mencolok. Honda Insight mendapat predikat keandalan terbaik. Sedangkan mobil terburuk dari honda adalah Acura RL. Namun, meski terjelek, Acura masih memiliki kepercayaan konsumen di atas rata-rata.

Pada produk General Motors, Saturn Aura (4-cyl) sangat dianjurkan dari produk GM tahun ini. Sebab, Pontiac Vibe akan dihapus dalam beberapa bulan mendatang. 

Berikut daftar-daftar mobil dengan model terbaik dan terburuk dari hasil 2009 Annual Auto Survey:

BMW 
Terbaik: BMW 328i (RWD) 
Terburuk: BMW 535i (AWD) 

Chrysler 
Terbaik: Jeep Patriot 
Terburuk: Chrysler Town & Country/Dodge Grand Caravan 

Ford 
Terbaik: Ford Fusion/Mercury Milan (4-cyl) 
Terburuk: Ford F-250 (turbodiesel, 4WD)

General Motors
Terbaik: Chevrolet Malibu (V6) 
Terburuk: Chevrolet Colorado/GMC Canyon (4WD) 

Honda 
Terbaik: Honda Insight
Terburuk: Acura RL 

Hyundai/Kia
Terbaik: Hyundai Tucson 
Terburuk: Kia Sedona 

Mazda 
Terbaik: Mazda3 sedan 
Terburuk: Mazda CX-7 

Mercedes-Benz 
Terbaik: Mercedes-Benz GLK
Terburuk: Mercedes-Benz GL-Class (turbodiesel) 

Nissan 
Terbaik: Infiniti M35 (RWD) 
Terburuk: Nissan Versa sedan

Subaru 
Terbaik: Subaru Impreza Outback Sport 
Terburuk: Subaru Impreza WRX

Toyota 
Terbaik: Lexus SC 
Terburuk: Lexus GS (AWD) 

Volkswagen 
Terbaik: Volkswagen Golf (Rabbit) 
Terburuk: VW Touareg 

Volvo 
Terbaik: Volvo S40 (FWD)
Terburuk: Volvo XC90 (V8) 

Meski demikian, bila membeli kendaraan, Anda jangan hanya melihat penampilannya saja. Hindari asumsi seperti ini dan melakukan riset sebelum Anda membeli kendaraan. Anda hanya meluangkan waktu beberapa menit untuk mencari tahu model kendaraan yang akan Anda pilih.