MENGUNJUNGI PARANORMAL??

Kali ini dietengahkan sebuah artikel untuk direnungkan, mungkin ada beberapa ketidak cocokan pendapat atau ketidak-sesuaian dengan praktek kita sehari-hari. Memang demikian itulah dinamika hidup. Kita tidak perlu memaksakan pendapat kita, dan sebaliknya kitapun tidak perlu menyetujui semua yang dikatakan atau ditulis seseorang. Demikian pula dengan artikel berikut ini, ada berbagai pendapat, dalil dan kode etik yang beberapa di antaranya terasa kurang pas bagi kita, itu tidak perlu dirisaukan benar, bukankah kita punya kecerdasan, naluri dan kesadaran yang dapat memilah-milahnya? Atau secara sederhana boleh dikatakan: ambil yang cocok dan simpan yang dulu yang tidak cocok. Dan walaupun tidak tepat benar, dalam artikel yang terkesan agresif atau bahkan beraroma negatif ini kita menterjemahkan kata psychic reader dengan paranormal, bukannya dengan cenayang.

Mengunjungi seorang paranormal
Dengan tegang Anda muncul. “Aku bodoh,” Anda berkata dalam hati. Anda tahu bahwa paranormal-paranormal itu hanyalah sekumpulan orang murahan. Kemudian . . . . mungkin . . . mungkin . . .
Anda tidak gila, Anda tahu itu. Tetapi ada begitu banyak masalah yang harus Anda hadapi saat ini, dan Anda mempunyai seorang teman yang bernasib baik setelah mengunjungi seorang paranormal. Kemudian Andapun memasuki ruang prakteknya juga.
Sampai di sini ada satu dari tiga hal berikut yang mungkin terjadi. Kadang Anda tidak memperoleh pertolongan atau bimbingan. Kadang Anda memperoleh pengetahuan atau nasihat yang dapat membantu Anda menjalani hari-hari yang sulit atau karena Anda punya masalah yang nampaknya tidak mungkin diatasi. Untuk itu kadang Anda harus kehilangan ratusan ribu atau jutaan rupiah untuk membayar paranormal gadungan itu.
Ada terlampau banyak jenis paranormal untuk di tulis di sini. Masing-masing mempunyai metoda sendiri dalam melakukan pembacaan (atau kadang disebut peramalan). Beberapa di antaranya akan menggenggam tangan Anda, memejamkan mata dan bicara. Beberapa yang lain akan mengatakan bahwa “roh pembimbing” mereka mengatakan sesuatu tentang Anda. Yang lain membaca kartu tarot, menggunakan bola kristal, membaca telapak tangan Anda atau merasakan “getaran” sebuah benda milik Anda yang dipegang oleh si paranormal itu (psikometri). Yang lain membaca daun teh, mengamati asap lilin, meneteskan lelehan lilin, mengamati cara Anda membuat tanda tangan (grafologi), tonjolan di kepala Anda dan sebagainya. Apapun metoda yang mereka gunakan, pada umumnya sistem yang digunakan adalah untuk membawa paranormal itu kembali masuk ke dalam batinnya – Ini akan membantu dia mengontak pribadi luhur-nya sendiri di mana semua misteri jagad raya akan ditampilkan. Apapun metoda yang dipergunakan, mutu pembacaannya tentu saja hanyalah sebatas mutu paranormalnya.
Beberapa metoda peramalan atau pembacaan ada yang jauh dari kesan subyektif dan lebih bersifat ilmiah, ini termasuk astrologi, grafologi, palmistri dan lainnya yang sejenis. Tetapi walaupun ini bisa diajarkan secara ilmiah, pembacaan itu pada tingkat tertentu masih mengandung seni. Dua orang dengan latihan dan pengalaman yang sama bisa melakukan pembacaan yang tepat sama, tetapi dengan kemampuan yang berbeda dalam menjawab kebutuhan kliennya.
Paranormal yang sejati selalu ingin menolong Anda. ketika Anda minta bantuan ke seorang paranormal, jangan mengujinya, bantulah dia agar dapat menolong Anda dengan baik. Bila mereka mengajukan pertanyaan, jawablah sejujurnya dan dengan terbuka. Sabarlah bila dia sedang diam dalam konsentrasi penuh.
Paranormal sejati tidak seperti lampu listrik. Mereka tidak dapat menyalakan dan mematikan kemampuannya sesuai yang dikehendakinya, setiap kali dia inginkan. Adakalanya terjadi paranormal tersebut dalam keadaan ‘off’ (tidak menyala), ketika Anda datang minta bantuan. Kalau dia orang yang bermartabat, dengan terus terang dia akan memberitahu Anda bahwa dia tidak mendapatkan apapun dan akan mengembalikan uang yang sudah Anda bayarkan, dan mungkin dia akan meminta Anda untuk datang lagi di lain waktu. Harap sempatkan untuk datang kembali, mudah-mudahan itu saat yang baik bagi Anda untuk menerima pembacaan yang sangat memuaskan dan juga pertolongan darinya.
Bila Paranormal Anda sedang ‘on’, berikut ini adalah jenis informasi yang diharapkan akan Anda terima:
Beberapa informasi mendasar tentang masa lalu Anda. Biasanya periode waktunya longgar, bukan tanggal yang tepat. Karena mungkin Anda sendiripun tidak dapat mengingat tanggal yang tepat terjadinya begitu banyak peristiwa dalam kehidupan Anda. Beberapa dari informasi yang diberikannya kadang-kadang sangat tepat.
Dari situ paranormal Anda akan berbicara tentang situasi dan masalah yang Anda hadapi saat ini. Seperti juga penyakit fisik bisa disebabkan oleh ketidak seimbangan mental, demikian juga masalah Anda mempunyai penyebab yang nampaknya tidak ada kaitannya dengan cara masalah Anda itu timbul. Terbukalah dan dengarkan. Bila nampaknya dia tidak membicarakan masalah Anda atau situasi saat ini, katakan saja terus terang. Itu mungkin disebabkan karena dia tidak menjelaskan dengan cara yang dapat Anda pahami.
Sekarang kita sampai kebagian yang rumit, masa depan Anda. Paranormal yang Anda kunjungi harus dapat memberikan beberapa saran tentang bagaimana cara mengatasi masalah anda saat ini dan apa yang harus diwaspadai di masa depan untuk menghindarkan kesulitan yang serius. Bila, pada sisi lain, paranormal Anda mengatakan bahwa tidak ada jalan untuk melepaskan diri atau memperbaiki “nasib” Anda, tinggalkan dia secepat mungkin!
Anda pribadi yang bebas dan independen. Anda mempunyai kehendak bebas dan kemerdekaan untuk bertindak. Selalu ada jawaban atas semua permasalahan!
Seorang paranormal yang baik dapat mengatakan apa yang mungkin terjadi kalau Anda melakukan tindakan tertentu, tetapi tidak dapat mengatakan apa yang seharusnya terjadi nanti. Bagaimana mungkin dia mengatakan hal itu kalau dia tidak tahu apa yang akan Anda lakukan? Bila seorang paranormal mengatakan, “Dalam dua minggu ini Anda akan berada di sebuah kapal yang akan tenggelam,” apa yang dapat menghentikan Anda agar Anda tidak berada di kapal tadi? Setiap paranormal yang mengatakan kepada Anda bahwa pada tanggal sekian sesuatu pasti terjadi mungkin sedang berkhayal, kalau tidak dia pasti menipu.
Masa lampau adalah laksana terowongan, itu adalah jalan yang sudah dilalui. Masa depan adalah seperti ruangan bundar dengan ribuan pintu.
Demi masa depan, Anda bebas memilih
Jalan yang paling mungkin Anda lalui adalah pintu 1, yang langsung menyambung dengan jalan yang Anda lalui sejak masa lalu. Memang mungkin saja Anda melewati jalan 2a atau 2b sebagai jalan menuju masa depan. Sama halnya, Anda dapat pergi melalui pintu yang mana saja, yang akan membawa Anda dari masa sekarang ke masa yang akan datang. Setiap perubahan yang menyimpang dari jalan 1 akan merubah pengaruh luar yang sudah ditentukan. Seorang paranormal bisa mengatakan apa yang mungkin terjadi bila Anda melalui pintu tertentu, jalan lain menuju masa depan, tetapi tidak bisa membuat Anda memilih jalan mana yang akan Anda pilih. Dalam astrologi dikatakan bahwa bintang-bintang hanya mendorong, mereka tidak memaksa. Demikian juga, seorang paranormal bisa memberikan saran, tetapi, Anda harus bertanggung-jawab terhadap diri Anda sendiri. Andalah yang harus memutuskan masa depan Anda sendiri. Seorang paranormal hanya bisa membantu dalam prosesnya.
Kalau dipikirkan, paranormal itu mirip seperti seorang bankir, akuntan atau dokter. Mereka semua dapat memberikan saran berdasarkan pengetahuan yang tidak Anda miliki. Tetapi Andalah yang harus memutuskan apakah Anda mau melakukan yang disarankannya atau tidak, dioperasi sesuai yang disarankan dokter, melakukan investasi seperti yang disarankan bankir, melakukan penghapusan pajak seperti yang disarankan akuntan Anda, ataupun menerima saran seorang paranormal.
Kadang, secara tidak kita sadari, kita datang pada seorang paranormal gadungan yang hanya menginginkan uang Anda. Proses semacam ini biasanya dimulai dengan apa yang dinamakan “cold reading”, pembacaan atau peramalan yang bersifat umum dan selalu cocok. Dia menyatakan sesuatu mengenai diri Anda ketika Anda baru saja datang. Kemungkinan yang selalu baik karena selalu cocok dengan Anda:
“Baik keuangan maupun kehidupan pribadi Anda tidak berjalan sebaik yang Anda inginkan.” Semua orang juga tahu bahwa kita tidak bisa benar-benar merasa puas.
“Kekuatan ESP Anda benar-benar sangat kuat, sebaiknya Anda mengembangkannya.” Kita selalu senang mendengar pujian, jadi tentu saja kita setujui pendapat itu.
“Umur Anda akan sangat panjang, mungkin sampai 87 atau 88 tahun.” Sungguh senang mendengarnya, tetapi kalau nanti Anda tidak berumur sepanjang itu apa yang bisa Anda lakukan? Sangat sulit memprotes seseorang kalau Anda sudah mati!
“Anda sangat pandai menilai watak orang lain.” Kita semua suka disangka demikian, walaupun itu tidak benar.
“Saya melihat seseorang memasuki kehidupan Anda, dia akan membawa pesan penting yang akan membuat Anda sangat gembira.” Mungkin saja dia tukang pos atau kurir atau orang lain lagi yang seperti itu.
“Tahun ini akan banyak terjadi perubahan dalam kehidupan Anda.” Memang setiap tahun ada saja perubahan pada kehidupan semua orang.
“Hari keberuntungan Anda adalah hari Minggu, Selasa dan Jum’at.” Itu hampir separuh dari seluruh hari dalam satu minggu. Yang pasti adalah Anda akan bernasib baik paling tidak pada salah satu dari hari-hari itu, apa lagi kalau sekarang Anda lebih memperhatikannya.
Sekarang muncullah “puncak” kepalsuan. “Masalah Anda saat ini disebabkan oleh seseorang yang mengirimkan ilmu hitam kepada Anda.” Kemudian diikuti oleh sedikit gerakan tangan untuk membuktikan hal itu. Untuk sedikit bayaran, mungkin duapuluh sampai seratus ribu rupiah, paranormal gadungan ini akan memberikan beberapa dupa atau lilin dan menyanggupi untuk menyediakan waktu beberapa jam untuk melakukan ritual khusus untuk mengakhiri tenung atau santet yang katanya ditujukan kepada diri Anda itu.
Jangan membayar sepeserpun pada orang semacam itu!
Mereka akan mengambil uang Anda, tidak melakukan sesuatu yang berguna, dan menertawakan kebodohan Anda. Kalau Anda cukup bodoh untuk memberinya uang dan kembali di lain waktu untuk memprotes bahwa tidak ada perubahan apapun, penipu tadi akan mengatakan sesuatu seperti: “Santet yang dikirimkan kepada Anda ternyata lebih kuat dari yang saya duga. Saya harus melakukan sesuatu yang sangat khusus yang lebih kuat untuk melindungi Anda. Tetapi persiapan dan perlengkapannya membutuhkan biaya sebesar satu juta (atau dua juta rupiah). Cepat berikan uang itu kepada saya sehingga nasib Anda bisa berubah.” Kejadian semacam ini akan terus berlanjut sampai Anda menyadari apa yang sebenarnya terjadi, kalau tidak Anda bisa bangkrut.
Karenanya, biarlah yang berikut ini menjadi sebuah aturan utama, ketika Anda membutuhkan seorang paranormal:
Kalau si peramal meminta sejumlah besar uang, segera kabur, jangan hanya berlenggang meninggalkan peramal gadungan itu!
Dan sekarang ada beberapa pesan bagi paranormal yang tulus dan jujur yang membaca tulisan ini: Berikut ini adalah pedoman yang sebaiknya Anda pertimbangkan:
Kode Etik Paranormal
  1. Klien saya harus bertanggung-jawab atas perilakunya sendiri.
  2. Saya akan berusaha sekuat tenaga untuk mendorong dan memberikan harapan baik.
  3. Saya akan berusaha untuk tetap seimbang, bersungguh-sungguh dan riang-gembira.
  4. Saya akan berupaya keras membimbing klien saya sehingga dia tidak perlu setiap kali kembali datang dengan masalah yang sama.
  5. Saya tidak akan pernah meramalkan kematian seseorang kecuali kalau ada keadaan genting dan memaksa yang memang memerlukan ramalan semacam itu.
  6. Saya akan benar-benar memperhatikan pentingnya hukum karma dalam memenuhi semua janji saya.
  7. Akan saya menyarankan kepada setiap klien dengan penyakit maupun gangguan fisik apapun untuk segera mencari bantuan secara profesional, saya bukan seorang dokter.
  8. Akan saya sarankan agar klien saya berkonsultasi dengan bankir atau pialang profesional dalam melakukan transaksi keuangan apapun.
  9. Saya akan meningkatkan diri dengan terus mempelajari hal-hal yang akan membantu saya memberikan pembacaan atau ramalan yang lebih baik.
  10. Saya berjanji untuk memberikan saran yang terbaik yang dimungkinkan kepada semua klien yang memerlukan bantuan saya.
Tentu saja, cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda tidak berurusan dengan paranormal gadungan adalah dengan mempelajari bagaimana melakukan pembacaan terhadap diri Anda sendiri.
Penyembuhan psikik
Selama beberapa tahun belakangan ini, gagasan mengenai penyembuhan psikik dan spiritual yang sering disebut dengan penyembuhan alternatif, menjadi demikian populer. Ada tiga dalil yang sangat penting berkenaan dengan penyembuhan alternatif yang perlu Anda ketahui:
Dalil pertama: Hanya Dokter saja yang secara hukum bisa menyembuhkan Anda.
Bila seseorang mengklaim bahwa dirinya adalah seorang penyembuh medis dan orang itu bukan seorang dokter, maka dia mempraktekkan penyembuhan medis secara tidak sah.
Dalil kedua: Hanya dokter saja yang berhak memberikan diagnosa secara medis.
Walaupun dibeberapa tempat orang yang tidak berprofesi dokter juga melakukan diagnosa semacam itu (misalnya akupunktur, yang juga bisa mendiagnosa dari sudut pandang pengobatan tradisional timur), kalau seseorang yang tidak berprofesi sebagai tenaga medis tanpa hak mengatakan, sebagai contoh: Anda punya masalah dengan 40% dari ginjal Anda, maka sebenarnya orang itu mempraktekan penyembuhan secara medis tanpa lisensi.
Dalil ketiga: Satu-satunya orang yang dapat menyembuhkan Anda adalah Anda sendiri.
Ini adalah hukum alam, bukan hukum buatan manusia. Tubuh Anda yang luar biasa itu, tubuh pemberian Tuhan yang sangat berkemampuan memulihkan dirinya sendiri. Dalam situasi tertentu memang tubuh memerlukan bantuan khusus dalam proses penyembuhannya. Kalau lengan Anda patah, mungkin diperlukan pembedahan. Pada masa mendatang, terobosan medis mungkin dapat membantu pemulihan tulang yang patah. Tapi Anda tidak “disembuhkan” sampai tulang patah itu menyatu, dan hanya tubuh Anda yang ajaiblah itulah yang mampu melakukan hal semacam itu.
Dengan cara yang sama, seorang penyembuh alternatif dapat membantu tubuh Anda dalam melakukan proses penyembuhan diri. Tidak hanya itu, tetapi banyak metoda penyembuhan alternatif, pengobatan non-tradisional yang dapat mendeteksi ketidak seimbangan aliran alami energi tubuh bahkan sebelum muncul sebagai gangguan fisik. Keseimbangan memang dapat dipulihkan sebelum penyakit timbul.
Karena ada begitu banyak jenis penyembuhan alternatif, tidak mungkin semuanya dibahas di sini. bagaimanapun, dalam mencari seorang penyembuh alternatif, berikut ini adalah beberapa gagasan yang perlu diingat:
  1. Hidari orang yang menjanjikan bahwa Anda pasti dapat disembuhkan. Dokter saja tidak selalu berhasil. Demikian juga dengan penyembuh alternatif.
  2. Hindari orang yang melakukan penyembuhan dengan hanya satu cara saja untuk semua jenis masalah. Gips untuk lengan patah tidak akan dapat menyembuhkan flu, demikian juga sebaliknya penisilin tidak akan menyembuhkan lengan yang patah.
  3. Hindari orang yang mengatakan bahwa dia adalah satu-satunya orang yang mempunyai tehnik penyembuhan khusus yang tidak diketahui atau dimiliki orang lain dan bahwa ilmu yang dimilikinya tidak akan dibagikan kepada orang lain. Ini biasanya adalah pertanda dari kepalsuan.
  4. Hindari orang yang memaksa Anda membeli alat bantu penyembuhan yang hanya dia yang membuat dan menjualnya. ini sudah pasti menunjukkan kepalsuan.
  5. Hindari orang yang yang membebani Anda dengan tarip yang melampaui batas mahalnya.
  6. Kalau nampaknya Anda tidak memperoleh hasil yang positif dengan seorang penyembuh, carilah yang lain.
  7. Carilah penyembuh yang tidak takut kehilangan Anda sebagai pasien. Ini berarti mencari seseorang yang tidak menginginkan Anda datang kembali kekliniknya setiap minggu, mulai saat ini. Dia ingin melihat Anda sembuh (tentu saja ini tidak berlaku bila Anda mempunyai penyakit yang kronis).
  8. Cari penyembuh yang menaruh perhatian pada memberian pendidikan. Penyembuh Anda seharusnya mengajar Anda bagai mana mencegah masalah ini di masa yang akan datang, selain menyembuhkan penyakit Anda yang sekarang ini.
Kedelapan dalil ini berlaku dalam memilih penyembuh psikik maupun dokter. Banyak dokter yang bertindak seolah-olah dialah yang bertanggung jawab terhadap kesehatan Anda dan menganggap kebanyakan orang tidak mampu bertanggung jawaab terhadap kesehatannya sendiri. Untunglah, penyembuhan holistik mendobrak masuk kedalam penyembuhan tradisional, sehingga pikiran yang ego-sentris yang ada  pada beberapa dokter itu bisa dihilangkan.
Aturan utama dalam okultisme dan metafisika adalah bahwa kita mempunyai kehendak bebas dan kita harus memanfaatkannya atau akan kehilangan dia. Kita harus bertanggung jawab atas semua yang kita lakukan. Kita harus bertanggung jawab terhadap kesehatan kita sendiri.