MANFAAT DAUN KATUK

Daun katuk dalam bahasa latinnya Sauropus Androgynus  dan dalam bahasa Makassarnya adalah Leko maya-maya adalah jenis tumbuhan yang dikenal sejak dahulu kala. Biasa dipakai oleh leluhur kita sebagai sayur bagi wanita-wanita yang habis melahirkan. Katanya lagi agar ibu-ibu yang habis melahirkan mempunyai air susu yang cukup untuk bayinya. Daun katuk memang merupakan salah satu tanaman sayur yang dapat merangsang melimpahnya Asi bagi ibu-ibu yang habis melahirkan.


Daun katuk mengandung senyawa aktif polifenol, protein, lemak, kalsium, phospor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C.
Manfaat lain dari daun katuk selain melancarkan Asi bagi ibu-ibu yang habis melahirkan antara lain: menurunkan demam; membersihkan darah kotor; juga dapat memulihkan vitalitas bagi kaum pria.

 Selain itu daun katuk juga dapat mengobati Frambusia; mengatasi sembelit; menyembuhkan borok; juga sebagai pewarna alami. Dan yang trend didaerah saya dijadikan sayur biasa seperti sayur-sayur lainnya. Maklum di pinggiran Makassar banyak tumbuh jenis tanaman ini (tumbuh liar layaknya tanaman liar lainnya).

Ternyata tanaman katuk yang selama ini saya anggap hanyasebagai sayur biasa dan penambah Asi, ternyata mempunyai khasiat mengobati berbagai macam penyakit.
Okkk..semoga postingan saya kali ini memberikan manfaat bagi kita semua.
Salam,