GOOGLE MEN-SPESIAL-KAN HARI GURU

Mendiknas menyatakan, ada empat ranah profesionalisme guru yang harus ditingkatkan yaitu:
  • kompetensi pedagogik,
  • kepribadian,
  • sosial,
  • profesi.“.
Menurut mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini, profesionalitas tergantung dari kemampuan guru dalam menguasai bahan ajar. Mendiknas menyampaikan,guru dalam menjalankan profesinya juga harus mendapatkan perlindungan. Kerja dan dedikasi guru juga harus dihargai dengan meningkatkan kesejahteraannya.
Peringatan HGN, jelas Mendiknas, merupakan saat yang tepat untuk melakukan kontemplasi, perenungan, atau refleksi diri terhadap langkah panjang yang telah dilalui,terutama terkait dengan cita-cita awal yang mendorong lahirnya Hari Guru Nasional. 
Sebuah cita-cita yang saat itu dikobarkan dengan semangat kesediaan diri setiap insan guru Indonesia memberikan lebih dari kewajibannya dan menerima kurang dari hak-haknya. Ketua II Dewan Pendidikan Jawa Timur Isa Anshori mengungkapkan, profesionalitas guru merupakan hal mutlak untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.Menurut dia,baik tidaknya pendidikan saat ini tergantung dengan kemampuan guru, tidak hanya profesional secara pedagogik, guru juga harus profesional individual seperti watak dan pergaulan di tengah masyarakat. 

Menurut dia, tuntutan untuk profesional, akan diimbangi pemerintah dengan meningkatkan kesejahteraan guru.Salah satunya adalah dengan program sertifikasi. Sahudi menerangkan, program sertifikasi yang sangat ketat dan selektif merupakan salah satu jalan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan.
Mesin pencari terbesar sejagad GOOGLE pun memberikan hadiah kepada guru-guruIndonesia pada hari guru tahun ini, dengan desain special untuk guru, seperti dalam gambar dibawah ini: