ADU FITUR MOTOR BEBEK SUPER

Ada 4 variasi yang golongannya tidak bisa masuk dalam kasta bebek biasa. Dengan fitur dan teknologi mesin yang diterapkan pada Honda city sport 1Kawasaki athlete,new Suzuki satria fu 150 dan Yamaha Jupiter MX 135lc lebih pantas rasanya keempatnya masuk kasta bebek super.
Penasaran dengan kesuperan 4 bebek tersebut?
1. YAMAHA JUPITER MX 135LC

YAMAHA JUPITER MX 135LC
YAMAHA JUPITER MX 135LC
Ada 2 versi pakai kopling tangan dan tidak. Teknologi bebek super 135 cc ini juga lengkap. Selain sudah pakai DOHC dengan 4 klep, diameter piston 54 mm x stroke 58 mm, pendingin liquidcooled(pakai radiator).
Lalu silinder silinder motor yang pakai AIC (air induction system) alias piranti pendukung ramah lingkungan ini, sudah menggunakan DIASIL. Ini berfungsi bikin dinding silinder tahan lama dan anti gores. Lainnya, piston yang dicetak untuk usistem forging ini lebih kuat.
Di kaki-kaki, swing arm tipe kotakdimitral suspensi monosok membuat handling MX enak di semua tipe jalanan. Didepan, tetap menggunakan teleskopik.
Sasis MX di buat model diamond, membuat kestabilan lebih yahud saat bermanufer, sekalipun pada kecepatan tinggi.
Nah, MX yang ga pake kopling tangan dijual dengan harga Rp.14,285juta. Sedang yang berkopling tangan Rp. 15,050juta.
Harga itu tentu sangat bersahabat buat bebek super 135cc bagi masyarakat umum. Tapi, MX lebih kental nuansa anak mudanya. Tampilan oke, tarikan pun mantap.
2. KAWASAKI ATHLETE 125
KAWASAKI ATHLETE 125
KAWASAKI ATHLETE 125
Mesin, produk PT Kawasaki motor Indonesia (KMI) ini mirip varian zone 125. tapi bagian luar athlete lebih mempesona.
Bagian kaki-kaki, tabung so depan motor 4 gigi percepatan ini tampak lebih besar, membuat mantap melibas medan keriting apalagi mulus.
Swing arm nya yang dikombinasi monosok model horizontal (bottom link uni-trak system) menjadikan titik tengah gravitasi jadi lebih rendah buat pengendara. Ini memudahkan mengontrol besutan saat diajak melibas segala medan.
Tambah oke, rem depan belakang sudah cakram dengn kaliper double piston. Menerapkan wave disc plate system membuat cakram athlete dapat lebih cepat melepas panas akibat gesekan saat pemakaian.
Satu lagi penempatan tangki BBM yang ada di depan ala motor sport bikin rider tak perlu repot turun moto buat isi bensin.
Dhargai Rp. 14,3juta, tentu mirip harga bebek sekelas athlete kayaknya pas banget buat anak muda yang gaya dan gaul. Hanya saja, varian Kawasaki banyak dipilih motormania yang fanatic sama merek ini.
3. NEW SUZUKI SATRIA FU 150
3. NEW SUZUKI SATRIA FU 150
3. NEW SUZUKI SATRIA FU 150
Tampang new Suzuki satria fu 150 (NSSF 150) ini lebih lebar dibandingkan versi lama. Sebaba posisi lampu sign di ubah lebih rendah dari sebelumnya. Tepatnya pas dibagian pemisah antara lampu dekat dan jauh. “bentuk headlamp seperti itu diadaptasi dari motor besar yakni Suzuki GSX 600”. Kata edi darmawan selaku manager marketing promotion & dealer dev. Section head PT IMNI
Dibalik visor headlamp bebek super 4-tak, DOHC, 4 klep ini, ada indicator eco riding mode (ERM), yang berfungsi mmberi info efisiensi bensin. Cara kerjanya, sensor itu mengikuti putaran mesin.
Lalu kebagian kaki-kaki, di depan mengandalkan model teleskopik dan monosok dengan swing arm model kotak. System pengereman depan belakang model cakram dikombinasi kaliper double system piston (depan) dan single piston (belakang).
Dimesin, pistonnya berdiameter 62mm x stroke 48mm. linernya pake lapisan SCEM ( Suzuki composite electrochemical material). Sehingga saat terjadi gesekan, suhu tetap terjaga. Ada juga SACS (Suzuki advanced cooling system) dilengkapi oil jet cooling. Ini membuat suhuh mesin bisa terjaga secara ideal. Lainnya, silencer knalpot berubah jadi segi empat tak simetris.
Harga relative murah untuk motor berkapasitas 50cc, karena bisa ditebus Rp. 18juta. FU 150 juga sangat tepat dipilih huat anak muda yang suka hang out.
4. HONDA CITY SPORT 1
HONDA CITY SPORT 1
HONDA CITY SPORT 1
Bebek super 125 ini desainnya uik. Tampang depan yang out off the box megundang perhatian public.
Kesuperan CS1 juga terlihat pada indiokator yang full digital tersusun rapi di dashboard yang menutupi setang bergaya sport. Penunjuk itu terdiri dari spidometer, rpm meter, penunjuk temperature panas, indikatior bahan baker dan angka digital penanda perpindahan gigi porseneling.
Ditengah, bebek bertransmisi 5 percepatan ini, terdapat console box penampung bawaan rider berdimensi kecil. Buat yang gede, bisa di be=agasi bawah jok.
Oh iya, bebek super hargai Rp. 16,9juta dilengkapi multi reflector, clear lens dan red lens pada stop lamp. Memberi kesan futuristic dan aggressive.
Terus, besutan bermesin 4-tak OHC berendingin air ini sugdah pakai pelek palan yang masing-masing didampingi rem cakram hidrolik berpiston ganda (depan) dan piston tunggal di belakang. Pengereman jadi lebih maksimal dan rider lebih nyaman.
CS1 tentu cocok buat eksekutif muda yang pengen tampilan formalnya itu lebih terekspos lewat sebuah tunggangan. Maklum, sosoknya kelewat elegan. bukan Cuma itu, soal harga, motor ini di klaim kelewat mahal untuk sebuah bebek x-over ini.
Sumber: tabloid otomotif