6 TIPS LULUS UJIAN TULIS CPNS

Ketika Anda sedang mengikuti ujian Tulis CPNS , sebenarnya Anda sedang mendemonstrasikan kemampuan Anda dalam memahami materi pelajaran, atau dalam melakukan tugas-tugas tertentu. Ujian ini adalah penentu masa depan Anda, apakah lulus CPNS atau gagal. Oleh karena itu Anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar bisa mengikuti ujian dengan lancar.
Namun ada beberapa kondisi lingkungan, termasuk sikap dan kondisi Anda sendiri, yang mempengaruhi Anda pada saat mengikuti ujian. Nah, kondisi-kondisi tersebut dapat mempengaruhi hasil tes atau ujian Anda.
Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu pakai sebelum mengikuti ujian.
  1. Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal. Bawalah semua alat tulis yang Anda butuhkan, seperti pensil, pulpen, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantu Anda untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.
  2. Tenang dan percaya diri. Ingatkan diri anda bahwa Anda sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.
  3. Amati soal-soal ujian Anda dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas). Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.
  4. Jawab soal-soal ujian secara strategis. Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang Anda ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya Anda kerjakan adalah: soal paling sulit; yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya; memiliki nilai terkecil
  5. Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak. Mula-mula, abaikan jawaban yang Anda tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat Anda abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika Anda tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawaban Anda biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang Anda lakukan.
  6. Sisihkan 10% waktu Anda untuk memeriksa ulang jawaban andaPeriksa jawaban Anda; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa Anda telah menyelesaikan semua pertanyaan.
Semoga Anda Lulus CPNS tahun ini, yakinlah diri anda pemenangnya kali ini. Saya turut mendoakan kepada anda agar lulus CPNS Formasi 2010. Bravo (disarikan dari pengalaman pribadi ketika mengikuti Tes CPNS Formasi 2008)***