Wisman Ramaikan Pesta Danau Toba

Wisatawan asing ikut berpartisipasi pada lomba lari tiga kilometer pada Minggu (24/10/2010) dalam rangka perayaan Festival Danau Toba. Ketua Umum Pengprov PASI Sumatera Utara Drs. HM. Yahya yang didampingi Sekretaris Umum Irwan Pulungan, S.Sos merasa terkejut dengan antusiasme wisatawan asing dalam mengikuti lomba lari tersebut. 

Menurut Irwan Pulungan, wisatawan asing tersebut berasal dari Jerman, Australia, Belanda, dan China. Panitia lomba yang bekerja sama dengan KONI dan PASI awalnya hanya menargetkan 1.000 peserta yang akan ikut dalam lomba ini. Tapi ternyata ada 2.000 peserta hingga kota Parapat yang merupakan kota wisata tersebut menjadi padat.
Banyaknya peserta yang ikut dikarenakan jarak lari yang pendek dan banyaknya hadiah yang ditawarkan.
Irwan menyebutkan bahwa lomba tiga kilometer ini bertujuan untuk memersuasi penduduk agar berolahraga sekaligus merayakan Festival Danau Toba. Selain itu, acara ini juga dimaksud untuk menarik wisatawan. 

Selain lomba tiga kilometer, festival yang dibuka pada 20 Oktober ini juga menyelenggarakan lomba motor, kontes diving, pertandingan voli pantai, dan lomba lainnya yang diadakan di Kota Parapat dan Samosir. (sumber: kompas.com)
baca juga DISINI