TRIK DAN TIPS LULUS TES CPNS



Ini beberapa tips dan sebelum tes CPNS, siapa tahu ada yang butuhkan.
Tips sebelum tes tertulis:
1.  Siapin MENTAL dan YAKIN
Penting neh, makanya kenapa saya taro di nomor satu karena mang ini yang dibutuhin untuk awal-awal. Mental yang kuat dan keyakinan yang besar bahwa Anda pasti berhasil merupakan modal utama untuk melangkah ke tahap berikutnya. Yakinlah akan kemampuan anda sendiri bahwa anda pasti berhasil, maka peluang anda untuk lolos akan lebih besar. Sesungguhnya tes potensi akademik, kemampuan dasar, bakat skolastik, dan semacamnya merupakan tes yang apa adanya. 
2.  Belajar, Belajar dan Belajar
Jika punya soal-soal CPNS, coba pelajari bagaimana bentuk soal-soal tersebut. Untuk kemampuan dasar meliputi, sejarah umum Indonesia dan Internasional, Pancasila, Matematika dasar,  Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pelajari juga trik-trik soalnya, terutama matematika [yg rada susah bwt yg jurusan sosial, termasuk saya.red].
Jangan pernah malu buat belajar dari buku2 pelajaran SD atau SMP, karena memang banyak soal-soal yang keluar dari buku tersebut. Manurut kita, orang dewasa, soal-soal itu ‘gak penting’ tapi ternyata penting. Seperti: “air terjun tertinggi dimana?” atau “Dekrit Presiden isinya apa?”. Atau yang lebih nggak kepikiran lagi dengan kita : “gotong royong di tingkat kelurahan termasuk dalam sila ke berapa?” nah loh?? Dijamin gak akan kepikiran kan?
Makanya sy merekomendasikan untuk baca-baca lagi buku2 anak kita atau keponakan kita yang masih duduk di bangku SD. Dan....gak lupa juga, baca-baca RPUL tingkat SD, disitu lengkap banget, semuanya ada, dari sejarah, politik, budaya, ampe shio bintang pun ada  

3.  Selalu Berdoa
Berdoa adalah wajib hukumnya  karena kalo kita tidak minta kepada Tuhan, bagaimana bisa terwujud keinginan tersebut. Segala sesuatu di muka bumi ini, jagat raya dan seisinya dikendalikan olehNya. Buat yang muslim, jangan lupa setiap habis sholat wajib, panjatkan doa kepadaNya dengan bersungguh2 hati, bersimpuh, bersujud sepenuh hati meminta dimudahkan, dilancarkan, dan dikabulkan untuk jadi PNS.
Jika merasa tidak cukup juga, lakukan sholat malam, Tahajud setiap senin dan kamis atau kapanpun Anda terbangun di sepertiga malam terakhir, jangan segan dan malas untuk cerita ngobrol kepada Allah. Insya Allah dikabulkan di saat yang tepat. Amin.
Menjelang tes tertulis, psikotes atau wawancara:
1.  Persiapkan mental
Ibaratnya Anda lumayan cerdas, namun pada saat pelaksanaan tes, anda sedang mengalami masalah yang bertubi2 sehingga membuat anda tidak konsentrasi dalam mengisi soal ujian. Hal ini sangat berpengaruh pada nilai tes anda.
2.  Persiapkan alat tulis dan kartu ujian
Dari jauh2 hari, persiapkan papan kecil sebagai alas tulis. Pensil 2B [sistem komputerisasi], rautan, penghapus pensil, pulpen, kartu ujian, dan KTP asli.
3.  Cari tempat duduk yang ‘nyaman’
Ada pepatah ‘posisi menentukan prestasi’. Awalnya saya tidak percaya dengan pepatah ini, namun sekarang saya percaya . Bener banget! Bila anda kebagian tempat di stadion, Carilah tempat yang di kursi depan anda kosong. Kursi kosong tersebut untuk sandaran kaki anda, agar anda leluasa menggunakan paha [maaf] sebagai alas menulis, dengan begitu menghindari anda juga dari badan yang ‘terpaksa’ membungkuk-bungkuk karena harus hati-hati dalam melingkari/menghitamkan di lembar jawaban.
4.  Jangan percaya pada siapapun
Ingat tips yang pertama, percaya pada kemampuan anda sendiri. Jika anda mengalami kesulitan dalam menjawab soal, jangan pernah bertanya ke sebelah Anda atau tidak perlu melirik, melihat jawaban di sebelah atau di depan kita apa? Ingat, sebelah atau orang yang di depan anda adalah saingan anda dan belum tentu jawaban dia benar.
Jika anda sudah ‘mentok’, cari jawaban yang mendekati, atau ‘nembak’ tapi dengan mengucapkan Bismillah [maaf, tips ‘nembak’ ini tidak saya rekomendasikan 
5. Jangan terpancing dengan orang-orang yang selesai duluan
Biasanya sebelum waktu tes berakhir, ada beberapa peserta yang sudah selesai mengerjakannya dan beramai-ramai keluar ruangan di saat waktu belum berakhir. Alhasil anda terintimidasi untuk menyelesaikan soal dengan terburu2. Sebaiknya jangan terpancing dengan kejadian ini, biarkan saja mereka keluar duluan, jangan diperdulikan, dan konsentrasi penuh saja terhadap soal yang sedang anda kerjakan. Jangan terburu-buru [jika waktu masih banyak] karena akan berpengaruh pada hasilnya. Saya takut bila anda terburu2, anda salah menghitamkan jawaban atau membuat kertas jawaban kotor atau bahkan robek pada saat menghapus jawaban yang salah.
6. Untuk tes wawancara, selain persiapkan mental, materi juga.
Seminggu atau beberapa hari menjelang tes, kumpulkan berita dan materi yang berkaitan dengan departemen yang akan kita ikuti tesnya. Contoh, saya mengikuti tes CPNS Depkes, sya pelajari struktur organisasinya, Menteri dan kegiatannya, serta info akurat tentang kesehatan.
Alhamdulillah langkah2 ini sudah saya lakukan dan berhasil. Moga tips ini bermanfaat dan berhasil juga dilakukan oleh teman-teman. Makasih buat yang dah baca ampe abis.
UNTUK LEBIH MEMPERMANTAP PERSIAPANNYA, BERIKUT INI ADA CONTOH TES CPNS 2010 DALAM BENTUK PDF, LANGSUNG SAJA DI DOWNLOAD DISINI