TIPS MERAWAT TANGKI AGAR TIDAK KARATAN


Tips Merawat Tangki Agar Tidak Karatan - Ada pepatah tong kosong nyaring bunyinya. Di kalangan pemilik motor, juga punya pepatah yang mirip. Tangki kosong nyaring masalahnya. Maksudnya, penampung bensin, terutama di motor sport, yang terbiasa nyaris kosong dari bensin akan menimbulkan masalah. Bahkan, problemnya bisa jadi agak sulit dikira.

Kenapa tangki kosong bisa jadi masalah? Jawabannya simpel. Ambil contoh tangki motor sport sejenis Honda Tiger, Yamaha Scorpio, Suzuki Thunder 250, ataupun Kawasaki Ninja 250R. Kapasitas bensinnya rata-rata di atas 13 liter. “Risiko ada embun lebih tinggi di tangki 91232382motor dibanding bebek atau skubek,” beber


Bronto ‘Bronx’ Laras, Kepala mekanik Mandiri Motor (M2), Jakarta Barat.
Efeknya jangka panjang. Muncul masalah motor kok bisa mbrebet terus. “Padahal, setelah dicek ruang bakar, pengapian sampai kelistrikan seperti enggak ada masalah,” jelas Bronx yang bermarkas di Jl. Panjang, No. 3B, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Bronx ngasih penjelasan panjang lebar. Pengendara sering membiarkan tangki nyaris kosong saat sampai rumah. Mereka umumnya ogah segera mengisi bensin buat besok berangkat ke kantor, sekolah, atau ke kampus.

Ambil contoh, sobat sampai rumah pukul 19.00 malam dan bensin di motor hampir habis. Pukul 09.00 pagi besoknya tangki baru diisi. “Semakin lama dibiarkan kosong, bakal bikin penguapan. Hasil penguapan bentuknya air. Nah, kelamaan volume bensin akan bercampur air,” jelas Bronx