SOLUSI ALTERNATIF MENGATASI PENGANGGURAN DI INDONESIA

Dari dulu sampai sekarang Pemerintah selalu dan selalu berusaha membuka sebanyak-banyaknya lapangan kerja, agar momok pengangguran itu menghilang. Namun entah apa sebabnya, pengangguran-pengangguran masih menumpuk, lihatlah ketika rekruitmen CPNS dibuka, maka ribuan bahkan puluhan ribu pengangguran-pengangguran mencoba mengadu nasib untuk sekedar mendapatkan pekerjaan. Tapi sebenarnya pengangguran itu dapat dipecahkan melalui penganggur-penganggur itu sendiri, dengan cara berusaha sendiri atau dalam bahasa kerennya berwiraswasta. Dan bagi yang suka atau demam online atau betah berseluncur didunia maya. Kita juga dapat bekerja dan menghasilkan uang dari pekerjaan kita didunia maya.
Banyak sekali macam cara mendapatkan uang di dunia maya ini (tentu dengan cara sah menurut hukum dan agama pastinya).
Kita cuman butuh seperangkat PC/laptop, Modem, jaringan data internet, dan Blog/wesite, Nah kalau kita sudah mempunyai modal itu (kira-kira semuanya hanya seharga Rp. 5 jutaan). Maka terbukalah pintu untuk mencari uang didunia maya.
Ada banyak broker atau afiliasi yang dengan tangan terbuka menerima kita sebagai pekerja dunia maya untuk melakukan joint yang saling menguntungkan untuk menghasilkan earning. Saya sebutkan misalnya Idblognetwork, Kumpulblogger, Readbud, Linkbucks, Ziddu, IDR-Clickit dll. Kita tinggal memilih.
Memang harus diakui untuk earning para pemula memang tidak terlalu besar, tapi kalau lama-kelamaan dan kita sudah profesional, maka earning kitapun besar. Dan erning itu dapat menutupi kepulan rokok dan asap dapur kita serta  kebutuhan kita lainnya, diantaranya tamasya dan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang seabrek.
Nah demikianlah sedikit solusi saya dalam memerangi pengangguran di Indonesia. Semoga bermanfaat.
Salam