Pencanangan "Gerakan Guru Menulis" Bersama Mendiknas


Dear all,
Tahukah Anda bahwa sebagian besar guru di Indonesia masih belum terampil menulis? Data dari NUPTK tahun 2009, dari 569.611 guru gol IV/A hanya 13.773 (2,4%) yang bisa naik IV/B, karena kesulitan membuat karya tulis ilmiah (KTI). Padahal menurut Peraturan MenPAN nomor 16/ 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, menulis akan dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat guru dari golongan 3B ke 3C. Jumlah guru golongan 3B ke atas yang harus bisa menulis jika ingin naik pangkat angkanya sudah lebih dari 1 juta orang.

Bentuk tulisan bisa saja berupa publikasi karya tulis ilmiah (KTI), laporan hasil penelitian, penulisan buku, atau menulis artikel populer tentang pendidikan di media massa. Untuk melatih agar para guru bisa menulis, Ikatan Guru Indonesia (IGI) menggandeng Kompas dan Surya akan mengadakan Seminar dan Lokakarya “Guru Menulis Artikel Di Media Massa”. Hasil tulisan peserta berpeluang dimuat di Kompas, Surya, atau majalah IGI Media.
Kegiatan semiloka dilaksanakan pada: 
  1. Hari, tanggal : Minggu, 31 Oktober 2010 
  2. Waktu : Pukul 08.00 – 16.00 WIB 
  3. Tempat : Gedung Tirta Graha (PDAM), Jl. Prof. Mustopo, Surabaya 
  4. Keynote speaker: Prof. Dr. Mohammad NUH, DEA (Mendiknas, dalam konfirmasi) 
  5. Nara sumber: tim Kompas, Surya, IGI
Kegiatan ini GRATIS (tidak dipungut biaya), dengan ketentuan berlangganan paket Kompas dan Surya selama 2 bulan senilai Rp 160.000. Peserta akan mendapatkan kiriman koran Kompas dan Surya selama 2 bulan. Selama acara peserta mendapatkan fasilitas seminar kit, snack & drink, makan siang, sertifikat, dan berkesempatan mendapatkan doorprise (sepeda motor, sepeda, TV LCD, handphone) dari pendukung acara.
Pendaftaran bisa dilakukan melalui: 
  • Email: pendaftaran@igi.or.id,  
  • Sekretariat IGI Jatim, Jl. Dharmawangsa 7/4 Surabaya, Telpon / Fax (031) 5020505,  
  • CP Panitia: Istikhomah (031) 70009292, 081803842252 (SMS). Peserta terbatas (diprioritaskan yang lebih dulu daftar), dan sewaktu-waktu akan langsung ditutup jika kuota sudah terpenuhi.
Selain di Surabaya, roadshow akan dilanjutkan di kota-kota Jatim lainnya (Gresik, Madiun, Malang), lalu propinsi DI Yogyakarta. Kota dan propinsi lainnya yang berminat menjadi tuan rumah, mohon pengurus IGI kirim email ke ihsan@igi.or.id untuk dibantu menjajaki pihak sponsor.
Beberapa panduan menulis praktis (wawasan dan tanya jawab) sudah mulai dimuat di majalah IGI Media edisi perdana. Guru bebas bertanya apa saja tantang dunia tulis menulis, redaksi IGIMedia akan dengan senang hati membantu. Mudah-mudahan ikhtiar ini bisa memacu suksesnya "Gerakan Guru Menulis" yang akan dicanangkan oleh IGI.
Salam kebangkitan guru Indonesia,
Mohammad Ihsan,
Sekjen Ikatan Guru Indonesia

(source: IGI PUSAT)