MUNCULNYA AJARAN ISLAM

Islam tumbuh di Jazirah Arab tepatnya di Mekkah. Islam pertama kali diperkenalkan oleh Muhammad SAW (Salallahu Allaihi Wassalam). Masuk ke Indonesia pada sekitar abad ke-7 M.
Kehidupan masyarakat Arab sebelum Islam disebut dengan masa Jahiliyah (masa kebodohan, masa yang penuh kegelapan, masa yang penuh ketidak-tahuan). Kehidupan masyarakat Arab sebelum Islam yaitu :

  • Masyarakat Arab saat itu tidak mempunyai pemerintahan yang rapi
  • Rakyat Arab masih buta huruf
  • Mereka seringkali berpindah tempat untuk  mencari penghidupan yang layak sebab lingkungan alam Arab memiliki keadaan yang bergunung pasir dan bergunung-gunung.
  • Masyarakat Arab merupakan bangsa pemberani jika berperang sampai titik darah penghabisan. Meskipun begitu bangsa tersebut tetap teguh dalam kepribadian, tidak mau berubah dari tata kehidupan atau adat istiadat yang dimiliki.
Sebelum masuknya Islam mereka mempunyai kepercayaan : Menyembah berhala, yaitu sesuatu yang dipuja, didewakan, dan disembah. Ada pada masa Ka’bah berada dalam kekuasaan Jurhum dan ketika sebuah pasukan yang dipimpin oleh Amr bin Lubayi datang berhasil mengalahkan Jurhum, kemudian meletakkan berhala besar bernama Hubal di sisi Ka’bah yang harus disembah oleh penduduk Hijaz. Sejak saat itu penduduk Arab menyembah berhala hingga suku Quraisy berkuasa kembali di Hijaz.
Menyembah Malaikat, binatang, jin, hantu (Syetan) syetan yang paling jahat disebut Ifrit. Bila ada orang mati rohnya akan menjadi burung bernama HAMMAH; Mereka sudah mempunyai tatanan kehidupan masyarakat menurut kebiasaan. Adapun kebiasaan mereka adalah sebagai berikut: Masyarakatnya hidup penuh dengan takhayul; Masyarakatnya memiliki akhlak yang tidak pantas seperti bermain judi, minum-minuman keras, berfoya-foya, dsb; Melakukan pencurian dan perampokkan pada suku-suku lain bahkan menimbulkan perselisihan dan peperangan antar suku bangsa; Ada tindak kekejaman yaitu dengan mengubur anak perempuannya hidup-hidup.