MASJID TERTUA DIDUNIA

MASJID TERTUA DI INDONESIA



Halo Kawan-kawan semua tau nggak masjisd tertua di Indonesia?. Masjid tertua di Indonesia adalahMasjid Saka Tunggal .
Majid ini terletak di desa Cikakak kecamatan Wangon dan dibangun pada tahun 1288 . Wah, sudah lama sekali ya? coba kamu kurangi dengan 2010, agar mengetahui berapa umurnya, hehe.
 Selain terukir pada Saka Guru (Tiang Utama) masjid ini, tahun dibuatnya Masjid Saka Tunggal juga terdapat didalam kitab-kitab yang ditinggalkan pendirinya, yaitu Kyai Mustolih .
Masjid yang berjarak kurang lebih 30 km dari kotaPurwokerto  ini namanya unik betul ya? Ya, itu karena tiang penyangga bangunan dulunya hanya berbentuk satu tiang (tunggal).

Saka Tunggal  tersebut dibuat dari galih kayu jati berukir motif bunga warna-warni. Bagian pangkalnya berdiameter sekitar 35 sentimeter. Keunikan lainnya yaitu adanya empat helai sayap dari kayu di tengah Saka Tunggal.
Oh iya, walaupun sudah sangat tua, masjid ini masih memiliki ornamen-ornamen aslinya, lho. Contohnya Saka Tunggal tadi, mimbar khotbah dan juga atapnya yang masih terbuat dari ijuk hitam. Hanya gebyok kayu dan gedek bambu yang semula menjadi dinding masjid ini saya yang telah diganti dengan tembok.
Penasaran? Nah, bila kamu pergi ke Purwokerto, jangan lupa mampir ke Masjid tertua di Indonesia ini. (Berbagaisumber)